get app
inews
Aa Read Next : Kisah Yurika Dianisyah, Gadis Cantik Hafal Alquran 13 Juz Lolos jadi Polisi Pengiriman Cirebon

7 Fakta Menarik Tari Topeng Cirebon, Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit

Senin, 20 November 2023 | 15:22 WIB
header img
Macam macam tari topeng Cirebon. Foto: Indra Andhika

CIREBON, iNewsCirebon.id - Fakta menarik Tari Topeng Cirebon yang bagus untuk dikulik. Tari Topeng merupakan seni pertunjukan tari yang di dalamnya terdapat simbol-simbol bermakna.

Simbol tersebut disampaikan kepada penontonnya lewat warna dan jumlah topeng penari, hingga jumlah gamelan yang mengiringi.

Salah satu fakta menariknya adalah tadi topeng awalnya digunakan sebagai media dakwah. Lalu, apa saja fakta menarik lainnya. Yuk simak ulasan berikut. 

7 Fakta Menarik Tari Topeng Cirebon

1.Dikenal Sejak Kerajaan Majapahit 

Kesenian tari Topeng merupakan sisa dari upacara keagamaan peninggalan Hindu dan Budha yang akhirnya tersebar di pelosok Pulau Jawa. Jacob Sumardjo dalam Arkeologi Budaya Indonesia menyebut bahwa Raja Hayam Wuruk menari mengenakan topeng yang terbuat dari emas.

Setelah Majapahit jatuh, tarian ini akhirnya dipertahankan oleh sultan Demak dengan inovasi baru. Tarian yang dikemas Demak ini akhirnya menyebar ke daerah lain, termasuk Cirebon yang saat itu berada di bawah pengaruh Demak.  Saat pertama kali masuk ke daerah Cirebon, tarian topeng ini dipadukan dengan kesenian rakyat setempat.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut