get app
inews
Aa Read Next : Lirik Lagu Kembang Jahe Laos Beserta Artinya, Lagu Daerah Populer Khas Cirebon

Mengenal Baju Kepangeranan khas Cirebon, Lambang Kebangsawanan dan Simbol Janji Suci

Rabu, 01 November 2023 | 11:33 WIB
header img
Busana Kepangeranan merupakan busana tradisional adat pengantin yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Mengenal baju kepangeranan yang tak hanya sekedar aksesoris, tetapi juga menyimpan makna khusus dari penggunanya sehingga dianggap setara dengan bangsawan.

Pengantin pria dan wanita tampil gagah dan elegan saat mengenakan pakaian Kepangeranan ini bak keluarga kerajaan. Yuk intip informasi mengenai baju kepangeranan di bawah ini.

Mengenal Baju Kepangeranan

Busana Kepangeranan merupakan busana tradisional adat pengantin yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, busana ini bergaya 'kepangeranan' atau 'mirip seperti pangeran atau bangsawan', karena diadaptasi dari pakaian para bangsawan dari Keraton Kasepuhan yang berada di Cirebon.

Baju adat pengantin khas Cirebon memiliki warna dasar hijau dengan kombinasi warna emas berupa motif garis menyilang, dan batik di bagian kancing serta ujung tangan. Kombinasi dari warna hijau dan emas ini memiliki makna khusus tersendiri. 

Makna dari dua warna ini yakni mengingatkan manusia dalam mengarungi pernikahan harus diawali dengan niat yang baik tulus ikhlas agar hasilnya baik. Makna lainnya adalah tersiratnya sosok bangsawan dari pengantin yang mengenakan baju Kepangeranan.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut