get app
inews
Aa Read Next : KAI Daop 3 Cirebon Catat Jumlah Pelanggan KA Melonjak 27,8 Persen di Semester I 2024

Sejarah Gedung BAT Cirebon, Nuansa Eropa, Saksi Bisu Masa Jaya Industri Rokok Tanah Air

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 09:17 WIB
header img
Gedung BAT Cirebon yang memiliki nuansa Eropa. Gedung BAT menjadi saksi bisu tentang masa jaya industri rokok di Indonesia. Foto: Ist

CIREBON, iNews.id - Kota Cirebon memiliki banyak tempat bersejarah, salah satunya Gedung BAT Cirebon yang memiliki nuansa Eropa. Gedung BAT menjadi saksi bisu tentang masa jaya industri rokok di Indonesia.

Gedung British American Tobacco (BAT) berlokasi di jalan Pasuketan, Kelurahan Lemahwungkuk. Gedung yang berdiri dengan gaya art deco dengan kombinasi seni lokal yang menjadi salah satu wisata kota Cirebon yang sangat Hits.

Sejarah Gedung BAT Cirebon

Dikutip dari situs Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Cirebon, Gedung British American Tobacco, yang menjadi salah satu destinasi wisata Kota Cirebon, dahulu dikenal sebagai industri pabrik rokok terkenal.

Dahulu gedung BAT dimiliki oleh Indo Egyptian Cigarettes Company yang kemudian pada 1923 tersebut bergabung dan dimiliki oleh British American Tobacco Company.

Pada tahun 1924,  Arsitek FD Cuypers & Hulswit merenovasi gedung BAT yang mengubah gaya bangunannya menjadi bergaya art deco hingga saat ini. Pada tahun itu, pabrik atau gedung BAT mulai dibangun dan mulai memproduksi rokok putih, dan menjadi produsen terbesar di Indonesia.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut