get app
inews
Aa Read Next : 5 Kampung Wisata dan Edukasi Batik Cirebon, Bisa Membatik Sendiri

5 Motif Batik Cirebon yang Unik dan Cantik

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 09:48 WIB
header img
Batik Cirebon motif Singa Barong. Foto: Ist

CIREBON, CirebonINews.id - Batik terkenal dengan keunikan motifnya, termasuk motif Batik Cirebon yang terkenal ke berbagai negara. Batik Cirebon memiliki dua jenis yaitu, Batik Trusmi dan Batik Keraton.

Batik Trusmi terkenal dengan motifnya yang menggunakan warna terang dalam desainnya. Sedangkan Batik Keraton terkenal dengan warna gelapnya dengan tata letak yang tersusun secara horizontal dalam tiga jalur.

Sebelum membeli batik asal Cirebon kita harus tahu terlebih dahulu bahwa Cirebon tak hanya memiliki Batik Megamendung saja, ada beberapa motif yang memiliki desain yang cantik.

5 Motif Batik Cirebon

1.Megamendung

Jenis motif Megamendung sudah menjadi ikon Batik Kota Cirebon. Bukan hanya di Indonesia saja, bahkan Megamendung sudah mendunia dan dikenal banyak negara.

Bentuk motif dari batik Megamendung ini adalah awan dengan bentuk lancip, lonjong dan menyerupain segitiga.

2.Paksinaga Liman

Paksinaga Liman juga termasuk kedalam motif khas Cirebon. Bentuk paksinaga yang terdiri atas gabungan 3 bentuk binatang, yaitu paksi dari garuda, naga yakni ular, dan liman artinya gajah. 

Batik ini dibuat dengan motifnya berwarna dasar coklat. Ada pun ornamen yang digunakan dalam motif adalah kereta kencana paksinaga liman yang dikenal dalam cerita rakyat masyarakat Cirebon.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut