get app
inews
Aa Read Next : 5 Motif Batik Cirebon yang Unik dan Cantik

5 Kampung Wisata dan Edukasi Batik Cirebon, Bisa Membatik Sendiri

Rabu, 03 Agustus 2022 | 10:35 WIB
header img
Lima kampung wisata dan edukasi batik Cirebo bisa jadi tujuan wisata akhir pekan. (Foto: ilustrasi batik)

JAKARTA, iNews.id - Lima kampung wisata dan edukasi batik Cirebon, bisa membatik sendiri. kampung wisata batik Cirebon ada di beberapa tempat seperti di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Batik Cirebon merupakan sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap ragam pola batik di sentra-sentra industri batik lain di Jawa Barat.

Motif batik Cirebon yang paling terkenal dan menjadi ikon Cirebon adalah motif Megamendung. Motif ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan. Sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Tiongkok di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. Motif ini memiliki gradasi warna yang sangat bagus dengan proses pewarnaan yang dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali.

Berikut 5 kampung wisata dan edukasi batik Cirebon, yang di kutip dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022).

1. Kampung Batik Keraton Kasepuhan

Kampung Batik Keraton Kasepuhan yang berada di Jl Jagasartu, kampung mandalangan RT 1 RW, RW.2, Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. 

Kampung Batik Keraton Kasepuhan ini terbilang baru yang digagas oleh Kampung Batik Keraton Kasepuhan. Perajin batik yang aktif merintis kampung batik Keraton Kasepuhan itu sebanyak 32 orang, 20 di antaranya masih anak-anak

2. Wisata Kampoeng Batik

Wisata Kampoeng Batik ini berada di Jl. Panembahan Utara No.1, Panembahan, Kec. Plered, Kabupaten Cirebon. Obyek Wisata Kampung Batik Panembahan ini menjadi salah satu ikon batik dalam koleksi kain nasional. Batik Cirebon sendiri termasuk golongan Batik Pesisir, namun juga sebagian batik Cirebon termasuk dalam kelompok batik kerato 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut