get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

Sejarah Adzan Pitu: Awal Dikumandangkan sebagai Penolak Sihir, Masih Berkumandang sampai Kini

Rabu, 25 Oktober 2023 | 14:46 WIB
header img
Adzan Pitu bermula saat masjid Agung Sang Cipta Rasa mendapat serangan wabah penyakit dari seseorang yang sakti bernama Menjangan Wulung. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Menurut penghulu masjid Agung Sang Cipta Rasa KH. Jumhur, sejarah Adzan Pitu bermula saat masjid Agung Sang Cipta Rasa mendapat serangan wabah penyakit dari seseorang yang sakti bernama Menjangan Wulung. 

Adzan pitu adalah tradisi mengumandangkan adzan yang dilakukan oleh tujuh orang muazin secara bersama-sama, setiap kali akan pelaksanaan shalat jumat.

Tradisi ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan telah menjadi tradisi turun-temurun yang dimiliki Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kesultanan Cirebon.

Sejarah Adzan Pitu

Tradisi adzan pitu dimulai sejak masa awal perkembangan Islam di Cirebon, yakni bertepatan dengan pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa pada tahun 1480 M. Tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid peninggalan Syarif Hidayatullah ini juga digunakan sebagai tempat menuntut ilmu agama.

Konon pada waktu itu terjadi musibah berupa serangan wabah penyakit di Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang menyebabkan tiga orang muadzin meninggal dunia berturut-turut secara misterius. 

Utusan dari Mataram Kuno, Megananda seorang Hindu, mencoba menggagalkan pembangunan masjid melalui kesaktiannya yang disebut 'menjangan wulung'. Setiap orang yang terkena kekuatan sihir menjangan wulung akan mati dengan darah di sekujur tubuhnya.

Hal inilah yang diyakini menjadi penyebab kematian misterius tiga muadzin. Untuk mengatasi keadaan tersebut, Nyi Mas Pakungwati pun memerintahkan muadzin untuk melaksanakan adzan oleh beberapa orang.

Jumlah muadzin terus bertambah hingga enam orang. Namun, warga setempat masih saja terkena serangan wabah sihir tersebut.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut