get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

5 Fakta Gua Sunyaragi yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berkunjung

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 14:40 WIB
header img
Gua Sunyaragi di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Foto: Ist

4. Mempunya arsitektur yang unik

Fakta Gua Sunyaragi yang paling menarik adalah penggunaan sistem pendingin alami di dalam Gua Sunyaragi, ini merupakan penemuan yang sangat menarik. 

Secara umum, bagian dalam gua akan terasa gerah dan panas, namun hal ini tidak terjadi karena adanya sistem pendingin yang ada di dalamnya.

Selain itu, jaringan kolam air dan terowongan membantu menjaga suhu interior tetap sejuk. Sistem ini menunjukkan pemahaman historis yang mendalam tentang rekayasa lingkungan, sekaligus menunjukan pemikiran yang maju pada saat itu.

5. Tempat pemakaman sultan Cirebon

Gua Sunyaragi terkenal sebagai tempat peristirahatan terakhir para pangeran Cirebon. Banyak makam para pangeran Cirebon dari Kesultanan Cirebon, antara lain makam Sultan Sepuh XIV, Sultan Sepuh XV, dan Sultan Sepuh XVI, terletak di dalam gua.

Fakta bahwa gua tersebut pernah digunakan sebagai tempat pemakaman seorang bangsawan menunjukkan betapa pentingnya gua tersebut. 

Monumen-monumen ini menjadi contoh betapa pentingnya Goa Sunyaragi sebagai tempat pemakaman bangsawan di masa lalu. Nah setelah menghetahui Fakta Gua Sunyaragi, apakah kalian tertarik untuk berkunjung dan menghetahui sejarahnhya?
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut