get app
inews
Aa Read Next : Heboh! Konsep Pemakaman Teraneh Pertama di Dunia, Ubah Mayat Jadi Pohon

Dramatis, Italia Lolos Ke Final Usai Melalui Adu Penalti

Rabu, 07 Juli 2021 | 09:38 WIB
header img
Timnas Italia melaju ke final Euro 2020 usai mengalahkan Spanyol lewat drama adu penalti. Italia menang dengan skor 4-2 di adu penalti tersebut. (foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Timnas Italia melaju ke final Euro 2020 usai mengalahkan Spanyol lewat drama adu penalti. Italia menang dengan skor 4-2 di adu penalti tersebut.

Pertandingan semifinal antara Italia vs Spanyol ini berlangsung di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7/2021), dini hari WIB. Laga berjalan sengit dan kedua tim saling jual beli serangan.

Akhirnya, Italia unggul lebih dulu lewat gol Federico Chiesa pada menit ke-60. Spanyol kemudian merespons cepat gol itu. 

Bahkan, Timnas Spanyol mampu mendominasi penguasaan bola. Italia lebih banyak menunggu dan mengandalkan serangan balik untuk menyakiti Spanyol.

Upaya Spanyol berbuah hasil saat Alvaro Morata mencetak gol pada menit ke-80. Gol Morata memberikan angin segar untuk Spanyol. Spanyol berupaya untuk mencetak gol kemenangan, tetapi tidak berbuah hasil hingga waktu normal habis.

Kedudukan 1-1 juga tidak berubah hingga babak tambahan selesai. Pemenang pertandingan harus ditentukan melalui babak adu penalti.

Italia mencetak empat gol dari titik putih meski Manuel Locatelli gagal pada kesempatan pertama. Di sisi lain, Spanyol hanya mencetak dua gol setelah Dani Olmo dan Morata gagal menunaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

Hasil itu membuat Italia melaju ke final Euro 2020. Sederet fakta pun terjadi di laga itu. Berikut ulasannnya:

1. Italia berhasil menjaga rekor tak terkalahkan mereka. Kini anak asuh Roberto Mancini tak terkalahkan di 33 laga terakhir. 

2. Giorgio Chiellini menjadi pesepak bola pertama yang memainkan lima pertandingan melawan lawan yang sama yakni Spanyol dalam sejarah Euro.

Top 10 Teams of the past Decade

3. Italia telah mencetak 12 gol di Euro 2020. Torehan ini menjadi jumlah gol terbanyak Italia dalam satu edisi di antara EURO dan Piala Dunia dalam sejarah.

4. Italia menjadi tim kedua dalam sejarah Euro yang memiliki lima pemain berbeda yaitu Chiesa, Pessina, Insigne, Immobile & Locatelli yang mencetak 2 gol lebih dalam satu edisi. Negara pertama yang pernah melakukan yakni Prancis pada tahun 2000.

5. Italia berhasil menghentikan catatan impresif Spanyol di turnamen besar (Euro atau Piala Dunia). Kekalahan dari Italia membua Spanyol gagal maju dari semifinal turnamen besar untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Spanyol selalu mencapai final di lima semifinal sebelumnya.

6. Italia kini telah mencapai final turnamen besar (Piala Dunia/Euro) ke-10 dalam sejarah. Italia hanya kalah dari Jerman yang sudah 14 kali tampil di final turnamen besar.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA Euro 2020 di iNewsTV.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut