get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani Sahkan Tunjangan Tambahan PNS Tiap Bulannya, Ini Jenis dan Cara Menghitungnya

Pemerintah Perpanjang Subsidi Listrik untuk 32,6 Juta Pelanggan Hingga September

Jum'at, 02 Juli 2021 | 18:23 WIB
header img
Subsidi listrik diperpanjang hingga September 2021. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memutuskan memperpanjang subsidi listrik untuk rumah golongan daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA hingga September 2021.  

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bagi pelanggan 450 VA akan mendapatkan subsidi atau diskon listrik sebesar 50 persen. Sedangkan pelanggan 900 VA bakal mendapat diskon 25 persen. 

"(Subsidi listrik) Ini diberikan kepada 32,6 juta pelanggan, dan dibutuhkan tambahan anggaran Rp1,91 triliun," kata dia dalam video virtual, Jumat (2/7/2021). 

Lebih lanjut dia menjelakan, pemerintah juga akan memberikan bantuan untuk meng-cover rekening minimum dan biaya beban abodemen listrik untuk kelompok usaha dan sosial, dengan sasaran 1,14 juta pelanggan. Bantuan itu diperpanjang hingga September. Untuk perpanjangan program tersebut dibutuhkan tambahan anggaran Rp420 miliar.

"Yang tadinya hanya satu kuartal, kita perpanjang hingga kuartal ketiga meskipun dalam hal ini diskonnya diturunkan, dari tadinya 100 persen ditanggung pemerintah, sekarang 50 persen ditanggung oleh pemerintah," tuturnya.

Dia menambahkan, pemerintah menyadari bahwa pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3-20 Juli 2021 akan mempengaruhi aktivitas ekonomi dan berpotensi memberikan tekanan bagi masyarakat. 

"Untuk itu, dibutuhkan langkah-langkah antisipasi yang cepat, tepat, dan terukur bagi masyarakat miskin dan rentan serta dunia usaha (UMKM)," ujarnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut