Kades Minta Jabatan 9 Tahun, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

Raka Dwi Novianto/Mery
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 16:25 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilahkan kades menyuarakan asipirasi kepada DPR. (Foto Setpres).

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Kepala Desa (Kades) minta jabatan 9 tahun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan untuk menyuarakan aspirasinya kepada DPR.

"Ya yang namanya keinginan yang namanya aspirasi itu silakan disampaikan kepada DPR," kata Jokowi usai meninjau Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/1/2023), dikutip dari iNews.id.

Jokowi berharap Kades dapat mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 39. Di mana Kades memegang jabatan selama 6 tahun dan dapat menjabat paling banyak 3 kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

"Tapi yang jelas UU-nya sangat jelas membatasi 6 tahun dan selama 3 periode itu. Prosesnya silakan nanti ada di DPR," ujar Jokowi.

Sebelumnya sejumlah kades dan perangkat daerah dari berbagai wilayah melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR, Selasa (17/1/2023).

Mereka meminta pemerintah merevisi Undang-Undang (UU) Desa Nomor 6 Tahun 2014 dan meminta jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun dalam 1 periode.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini