get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Makam Sunan Gunung Jati dan Rahasia 9 Pintu Menuju Makam

Rara Tepasan, Istri Keempat Sunan Gunung Jati yang Menghilangkan Budaya Sunda di Keraton Cirebon

Senin, 13 Desember 2021 | 06:50 WIB
header img
Nyimas Rara Tepasan adalah istri Sunan Gunung Jati yang berdarah Jawa (Foto : Istimewa)

CIREBON, iNews.id - Nyimas Rara Tepasan adalah istri Sunan Gunung Jati yang berdarah Jawa. Beliau disebut-sebut istri yang paling cerdas dari beberapa istri Sunan Gunung Jati lainnya. Rara Tepasan juga yang berperan besar dalam mengubah sistem tata kelola Keraton Kesultanan Cirebon menggunakan adat istiadat dan budaya Jawa.

Pada mulanya tata kelola Keraton Cirebon menggunakan adat istiadat Sunda, hal ini dikarenakan pendiri Kesultanan Cirebon (Cakrabuana) adalah pangeran dari Kerajaan Sunda.

Untuk itu tata kelola pemerintahan termasuk di dalamnya tata kelola Keraton dikelola dengan mencontoh tata kelola yang berlaku di Kerajaan Sunda.

Setelah Sunan Gunung Jati memperistri Rara Tepasan, tata kelola pemerintahan Cirebon khususnya tata kelola Keraton menjadi berubah 90 derajat.

Sebab ditangan Rara Tepasan adat istiadat lama diganti dengan adat istiadat baru dari tanah kelahirannya. Beliaulah yang mengubah adat istiadat itu. Rara Tepasan adalah seorang Puteri Jawa, beliau merupakan anak Ki Gede Tepasan dari Majapahit.

Setalah menjadi Istri Sunan Gunung Jati, beliau dikisahkan sangat berpengaruh sekali dalam mengatur tata kelola keraton, beliau sedikit demi sedikit menerapkan budaya Jawa dalam tata kelola Keraton Cirebon yang pada kemudianya menghilangkan adat istiadat Sunda yang telah lama diterapkan di dalam lingkungan Istana.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut