get app
inews
Aa Read Next : Kominfo Jalin Kerjasama Peningkatan Literasi Digital dengan PCNU Kabupaten Cirebon

5 Negara Menyediakan Kuliah Gratis, Nomor 3 Dikasih Uang Jajan Rp16 Juta per Bulan

Rabu, 07 Desember 2022 | 16:54 WIB
header img
5 Negara Menyediakan Kuliah Gratis, Nomor 3 Dikasih Uang Jajan Rp16 Juta Per Bulan (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Bisa kuliah gratis di luar negeri merupakan suatu kebanggaan untuk setiap orang, namun hanya sedikit orang yang bisa merasakan kesempatan berharga tersebut.

Biaya kuliah yang mahal membuat banyak orang berusaha mendapatkan beasiswa dari negara-negara yang akan dituju, lantas solusi apa yang harus kamu lakukan?


Berikut lima negara yang menyediakan kuliah gratis:
 
1. Negara Jerman

Siapa yang tidak tahu negara Jerman, negara tempat Bapak Habibie yang seorang mantan presiden Indonesia yang ketiga menempuh pendidikan. Negara yang sangat maju dibidang teknologi. Sebagai negara yang maju dan terdepan, Pendidikan Jerman memberikan pembebasan biaya dari segala aspek.

Untuk menempuh pendidikan di Jerman kita hanya perlu menanggung biaya hidup yang jumlahnya kurang lebih sama dengan negara-negara lain, termasuk Indonesia, bahkan bisa lebih kecil.

Biaya hidup selama kuliah di Jerman pun sebenarnya bisa lebih ringan jika mahasiswa tersebut mau mencari pekerjaan paruh waktu yang banyak tersedia di negara tersebut.

2. Negara Finlandia
Sistem pendidikan Finlandia adalah yang terbaik di dunia dan merupakan salah satu negara yang akan fasilitas kuliah gratis di negara tersebut. Biaya kuliah s-1 hingga s-3 digratiskan bagi mahasiswa lokal maupun internasional dari sejumlah negara.
 
Untuk biaya hidup, pemerintah Finlandia memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja paruh waktu dengan durasi waktu maksimal 20 jam perminggu.

Dengan bekerja selama 20 jam perminggu penghasilan yang didapatkan bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup di Finlandia selama sebulan dengan kisaran biaya hidup enam ratus Euro.
 
3.​ Negara Swedia

Swedia merupakan salah satu negara kaya di dunia yang memiliki iklim pendidikan yang bagus. Hal ini sangat mendukung semangat belajar. Dengan fasilitas yang lengkap, modern, perpustakaan dan tenaga pendidikan yang sudah sangat berpengalaman.
 
Negara Swedia merupakan negera maju yang hampir semua bidang pendidikan tersedia di Swedia, mulai dari ilmu teknik, musik, politik, hingga ekonom, Semua pengajar disini profesional dan berkompeten dibidangnya masing-masing.
 
Hebatnya lagi biaya kuliah di Swedia secara keseluruhan gratis alias tidak ada pungutan apapun dan hal itu tanpa memandang kewarganegaraan seseorang. Belajar di Swedia bisa mengambil jenjang pendidikan yang diinginkan mulai dari S1 S2 hingga S3 dan mendapat biaya hidup sebesar SEK 11.000 per bulan atau sekitar Rp16 juta per bulan.
 
4. Negara Taiwan
Sebagai negara yang tumbuh dan berkembang, Taiwan harus memperbaiki sistem pendidikannya agar lebih berkualitas lebih dari 10 tahun. Negara ini masih membuka kesempatan untuk siapa saja, dari negara mana saja untuk berkesempatan menempuh jenjang kuliah di negara tersebut.
 
Dengan berbagai jalur beasiswa. Baru beberapa tahun belakangan ini perkembangan pendidikan di negara tersebut berkembang sangat pesat. Saat ini jumlah mahasiswa internasional di Taiwan lebih dari 40 ribu orang.

Ada beberapa universitas di Taiwan yang menggaratiskan biaya untuk mahasiswanya. Bahkan University of Taipei memberi uang kuliah yang melanjutkan ke jenjang S2.
 


5. Negara Mesir
Jika menyebut Timur Tengah pasti yang pertama terlintas dibenak kita adalah negara Mesir. Dari ribuan tahun lalu, Mesir sudah dikenal sebagai sumber pendidikan dunia. Sistem pendidikan yang maju menjadikan daya tarik mahasiswa baik lokal maupun internasional.
 
Ribuan mahasiswa dari seluruh dunia termasuk Indonesia setiap tahunnya datang untuk menuntut ilmu disini. Kampus yang cukup terkenal didunia yaitu universitas al-azhar yang menjadi universitas favorit berbagai mahasiswa.
 
Sebagai informasi nih kuliah di al-azhar gratis, yang diperlukan hanyalah biaya hidup atau living cost itu pun relatif murah. Kualitas pendidikan yang berkelas dunia dan biaya hidup yang terjangkau, membuat negara ini menjadi rujukan oleh para calon mahasiswa.
 
Nah itulah lima negara yang menyediakan fasilitas kuliah gratis bagi mahasiswa lokal maupun internasional. Apakah kampus yang menjadi tujuan kuliahmu berada di salah satu dari negara tersebut?

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri secara gratis.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut