get app
inews
Aa
Read Next : Kisah Pasutri Petani Punya 10 Anak Sukses Semua Ada yang jadi TNI, Guru hingga Pekerja Tambang Viral

Kisah Penguasa Arab Beri Hadiah kepada Sunan Kudus, Ternyata Ini yang Dipilih

Senin, 05 Desember 2022 | 20:04 WIB
header img
Kisah Penguasa Arab yang Beri Hadiah kepada Sunan Kudus, ternyata ini yang dipilih. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsCirebon.id Kisah Penguasa Arab yang Beri Hadiah kepada Sunan Kudus, ternyata ini yang dipilih. Sunan Kudus atau jafar Sodiq merupakan salah satu Walisongo penyebar agama Islam di Jawa Tengah yang sangat terkenal. 

Dia seorang pemberani, rendah hati, toleran dan sangat bijaksana dalam berdakwah. Cerita tentang kehebatan putra Raden Usman Haji ini beredar di tengah masyarakat baik secara lisan turun-temurun, pun juga dibukukan. 

Sebagaimana diketahui, Sunan Kudus juga seorang pengembara. Disebutkan bahwa Ja’far Sodiq ini pernah mengembara hingga ke India, lalu ke tanah Arab. 

Dikisahkan, saat dia berada di Arab kala itu, terjadi wabah penyakit. Raja setempat berusaha melenyapkan wabah penyakit dengan berbagai cara. 

Namun, pandemi tak kunjung berlalu. Bahkan, demi bebas dari pandemi, penguasa Arab akhirnya mengadakan sayembara doa untuk menghilangkan wabah. 

Sayembara itu disemarakkan dengan hadiah besar jika ada yang berhasil. Sayangnya, tak satu pun peserta sayembara yang berhasil melenyapkan wabah. 

Sunan Kudus yang kalau itu ada di sana, tergerak hatinya untuk melenyapkan keresahan warga karena pandemi. Ia pun bergegas menghadap penguasa Arab dengan niat tulus untuk membantu. 

Namun, kedatangannya disambut sikap sinis. Sang penguasa pun bertanya penuh keraguan.

"Dengan apa tuan akan melenyapkan wabah penyakit itu?" 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut