get app
inews
Aa
Read Next : Rudi Nasrullah Resmi Jadi Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon

Lira Jadi Uang Terlemah di Dunia, Ini Penyebabnya

Sabtu, 03 Desember 2022 | 09:59 WIB
header img
Lira jadi mata uang terlemah di dunia, ini Penyebabnya. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsCirebon.id Lira jadi mata uang terlemah di dunia, ini Penyebabnya. Mata uang kebanggaan Negara Turki tersebut melemah diakibatkan inflasi yang dialami Negara yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Perlu diketahui inflasi Turki mencapai 79,6% (yoy) pada Juli 2022. Akibatnya Lira menjadi mata uang terlemah di dunia.

Lira adalah nama dari beberapa unit mata uang. Lira merupakan mata uang Turki, dan dulunya sempat menjadi mata uang Italia, Malta, San Marino, dan Kota Vatikan, yang kemudian diganti pada tahun 2002 dengan Euro.

Seperti yang telah kita tahu, sepanjang tahun 2022, nilai tukar mata uang rupiah dengan dolar Amerika Serikat semakin melemah. Kendati demikian, ternyata rupiah bukan satu-satunya mata uang yang masuk kategori paling lemah di dunia. 

Pasalnya, mata uang asal Indonesia tersebut masih berada di urutan 10 besar dalam daftar mata uang terbaik di dunia. Sehingga posisi rupiah masih tetap kokoh dibandingkan negara lainnya.

Lantas apa penyebab Lira menjadi mata uang terlemah di dunia?. Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (3/12/2022) berikut penyebab Lira menjadi mata uang terlemah di dunia.

Penyebab Lira menjadi mata uang terlemah di dunia:

1.  inflasi

Dilansir dari berbagai sumber, Mata uang terlemah di dunia tahun 2022 disematkan pada mata uang Lira, Turki. Diketahui mata uang tersebut melemah secara drastis lebih dari 26% sepanjang tahun ini.

Inflasi Turki mencapai 79,6% (yoy) pada Juli 2022. Akibat dari adanya inflasi tersebut memang dapat membuat nilai mata uang menurun. Dalam kejadian tersebut, Bank Sentral Turki (TCMB) juga harus menurunkan suku bunga acuan mereka.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut