get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

Referensi 10 Kota Termurah di Jawa untuk Hidup Lebih Layak dan Nyaman

Jum'at, 10 Desember 2021 | 22:29 WIB
header img
Kota Cirebon salah satu kota yang memiliki biaya hidup termurah di Jawa (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Berikut 10 kota dengan biaya hidup termurah di Pulau Jawa yang  kerap kali menjadi referensi untuk mendapatkan kehidupan layak.

Dengan biaya yang murah diharapkan mendapat kehidupan nyaman di suatu kota dan menghemat pengeluaran sehingga menyisakan uang untuk ditabung.

Berikut 10 daftar kota dengan biaya hidup termurah di Jawa yang dapat menjadi referensi.

 1. Banyuwangi

Berdasarkan hasil laporan survey BPS Indonesia Banyuwangi berada di urutan pertama sebagai kota termurah. Jika berminat, biaya hidup yang perlu dikeluarkan tinggal di kota ini berkisar Rp3,3 juta untuk 4 orang penghuni rumah.

2. Yogyakarta

Yogyakarta terkenal sebagai kota tujuan pelajar dengan biaya hidup paling murah. Bahkan, dengan Rp300 ribu saja bisa tinggal di kost.

Selain tempat tinggal, di Yogyakarta membeli makanan dimulai harga Rp5 ribu saja. Sebulan Tak Sampai Rp3,5 Juta

3. Solo

Kemudian, predikat biaya hidup termurah di Jawa adalah Solo. Sebab, hanya mengeluarkan uang di bawah Rp1 juta bisa menjadi biaya hidup sehari-hari.

Namun, kisaran biaya standar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta bila Anda ingin tinggal mandiri dengan lebih layak. Tergantung dengan gaya hidup masing-masing orang.

4. Cirebon

Sementara di Jawa Barat ada Cirebon dengan biaya hidup yang masih tergolong murah, biaya kost, biaya makan, dan hiburan bisa didapatkan kurang dari Rp1 juta hingga Rp2 juta.

5. Probolinggo

Biaya hidup di Probolinggo berkisar Rp3 juta untuk ukuran keluarga kecil per bulan.

Selain biaya hidup murah, Probolinggo juga memiliki destinasi wisata alam terbaik di Jawa Timur yang bisa dijadikan pertimbangan.

6. Kudus

Kota di Jawa Tengah ini menawarkan fasilitas umum yang memadai. Kudus termasuk kota dengan biaya hidup sekitar Rp3 juta untuk satu keluarga.

7. Purwokerto

Bila memilih mencoba pindah bekerja atau menemukan kehidupan baru di kota Purwokerto biaya hidup tinggal satu orang berkisar Rp1 juta.

8. Malang

Malang masuk kategori murah untuk pelajar dan mahasiswa. Harga kost bulanan, biaya makan, transportasi, dan hiburan di Malang cukup terjangkau.

9. Surabaya

Jika Anda ingin menerapkan hidup hedon atau biasa saja Surabaya bisa menjadi keduanya.

Kuliah dengan biaya terbatas pun bisa memilih kota Surabaya karena dapat menemukan harga kost dan makanan yang murah sesuai kemampuan.

10. Semarang

Kota Semarang menjadi incaran pendatang untuk urusan pekerjaan atau sekolah, banyak kampus terbaik seperti Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Biaya hidup di Semarang sekitar Rp1 juta, sedangkan Upah Minimum Regional (UMR) mencapai Rp2,5 juta.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut