Logo Network
Network

7 Anggota Tubuh Hewan Termahal di Dunia, Nomor 1 Harga Mencapai Rp3.1 Miliar

TIm iNews.id/Net Cirebon
.
Senin, 28 November 2022 | 08:31 WIB
7 Anggota Tubuh Hewan Termahal di Dunia, Nomor 1 Harga Mencapai Rp3.1 Miliar
Anggota tubuh hewan termahal di dunia. Foto: Istimewa.

3. Cula Badak

Pada tahun 2012, 668 badak dibunuh di Afrika Selatan, itu berarti satu badak setiap 13 jam! Ini merupakan kenyatan pahit bagi dunia badak karena harga culanya yang begitu menggiurkan. Harga untuk cula badak ini lebih tinggi dari gading gajah, rata-rata harganya mencapai USD65.000 atau setara Rp932 juta perkilogram.

Bahkan di Vietnam, beberapa miliarder menggunakan cula badak sebagai lambang kesuksesan.  Selain untuk pajangan, cula badak ini juga banyak digunakan sebagai campuran obat tradisional di Korea Selatan dan China.

4. Kulit Beruang Kutub

Bukan rahasia lagi bahwa gaya hidup orang kaya dan terkenal membuat beruang kutub menjadi langka. Ini karena fashion menggunakan kulit beruang kutub cukup populer dan berharga mahal. 

Di pasar gelap permintaan kulit beruang kutub cukup tinggi. Ini sejalan dengan tingginya orang kaya peminat mantel dari bulu beruang kutub begitu cukup besar. Harga satu mantel beruang kutub diual seharga USD10.000 atau sekitar Rp143 jutaan. 

5. Gading Gajah


Anggota tubuh hewan termahal di dunia. Foto: Istimewa.
 
Di pasar gelap , harga gading gajah mencapai USD3.000 atau setara Rp43 jutaan perkilogram. Mamalia terbesar di Afrika Selatan ini adalah salah satu makhluk yang paling menderita akibat perburuan. Dalam sehari tercatat ada 100 ekor gajah mati di Afrika untuk diambil gadingnya. 

Bayangkan jika satu gading gajah beratnya mencapai 25 kilogram, berapa uang yang didapat oleh para pemburu. Gading gajah ini biasa digunakan untuk berbagai hal, seperti hiasan ruangan, gigi palsu, alat musik, bola bilyar, dan bahkan bagian putih mata patung. 

6. Bulu Macan Tutul Salju

Di Afghanistan, macan tutul salju terancam keberadaannya karena tinggi perburuan terhadap predator tersebut. Macan tutul salju ini diburu dan diambil bagian kulitnya untuk dibuat mantel.

Harga mantel bulu macan tutul salju ini mencapai USD1.000 atau sekitar Rp14,4 juta. Tidak hanya kulitnya, sejumlah bagian tubuh macan tutul salju juga berharga dan biasa digunakan sebagai obat tradisional. 

7. Sisik Trenggiling

Trenggiling yang memiliki kulit keras dan bisa menggulung ketika terancam ini ternyata juga hewan yang banyak diburu. Binatang ini biasanya diburu untuk diambil kulitnya yang keras. 

Kulit trenggiling biasanya digunakan untuk tujuan pengobatan alternatif. Harga untuk setiap kilogram kulit trenggiling sekitar USD3.000 atau setara Rp43 jutaan. Satu ekor trenggiling dewasa biasanya berat kulitnya mencapai 3 kilogram.

Saat ini, Kamboja menjadi surga binatang berkulit keras tersebut namun kini populasinya mulai menurun. Tahun 2014 silam, pemerintah Kamboja menyita lebih dari 3.500 trenggiling dan menangkap 125 pemburu ilegal. 

Nah, itulah anggota tubuh hewan termahal di dunia, nomor 1 harga mencapai Rp3.1 miliar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini