get app
inews
Aa Read Next : Laskar Macan Ali Cirebon Sebut Pemilu 2024 Paling Berantakan dan Gaduh

Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, 48 Orang Relawan Laskar Macan Ali Diberangkatkan

Kamis, 09 Desember 2021 | 08:20 WIB
header img
Apel Gabungan Siaga Bencana Di Markas Besar Laskar Macan Ali Nuswantara (Foto: Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id – Membantu penanganan dan pencarian korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon mengirim relawannya sebanyak 48 orang.

Kesiapan pemberangkatan relawan ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru ditandai dengan menggelar apel bersama di depan Markas Besar Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon, Rabu sore (8/12/2021).

Hadir dalam apel bersama tersebut tim Basarnas Pos Cirebon, Polsek Lemahwungkuk, komunitas dan ormas lainnya.

“Hari pertama erupsi Semeru, Laskar Agung Macan Ali mengirimkan 4 orang tim Advan bertugas melakukan pemetaan di lokasi bencana. Kemudian diberangkatkan lagi relawan dari Laskar Agung Macan Ali Cirebon wilayah Jawa Tengah sebanyak 25 orang. Dan teman-teman relawan Laskar Agung Macan Ali Cirebon wilayah Bali mengirimkan sebanyak 15,” ungkap Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon, Prabu Diaz.

“Untuk Cirebon akan diberangkatkan Kamis (9/12/2021) sebanyak 25 orang gabungan terdiri Laskar Agung Macan Ali, lintas ambulan Indonesia, Gematika, komunitas ojol dan lainnya,” imbuhnya.

Dijelaskan Diaz, relawan yang diberangkatkan ke lokasi bencana alam erupsi Gunung Semeru sudah dibekali teknik Search and Rescue (SAR).

“Kita sudah melakukan seleksi kepada relawan yang akan dikirim ke Lumajang. Mereka minimal sudah pernah latihan kesehatan dengan PSC 119 cara penanggulangan bencana. Kemudian tugas mereka adalah membantu penggali jenazah yang tertimbun abu vulkanik dan pencarian korban, lalu bertugas di bagian kesehatan dan di bagian logistik,” jelasnya.

Prabu Diaz berharap, relawan yang dikirim ke lokasi bencana dapat menjalankan tugas kemanusiaan dengan sebaik-baiknya untuk meringankan beban masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Sementara itu, Kapolsek Lemahwungkuk IPTU Wawan Hermawan mengapresiasi Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon yang mengirimkan relawannya ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru.

“Bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Lumajang menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga sudah seharusnya semua pihak, termasuk Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon ikut membantu penanganan dan pencarian para korban" ujarnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut