get app
inews
Aa Read Next : Wow!! Kota Cirebon Bakal Menggelar Cirebon Festival 2024, Catat Tanggal & Tempatnya

Pelajar SMKN 1 Kota Cirebon Rancang Rumah Pintar Super Canggih, Bisa Diatur Pakai HP dari Jarak Jauh

Minggu, 20 November 2022 | 15:32 WIB
header img
Pelajar SMKN 1 Kota Cirebon rancang rumah pintar super canggih, bisa diatur pakai HP dari jarak jauh. Foto: iNews.id

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Tak mau ketinggalan dengan kemajuan teknologi di era digital, seorang siswa SMKN 1 Kota Cirebon, Jawa Barat membuat inovasi rumah pintar (smart home) berupa teknologi Internet of Things (IoT) yang bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan handphone.

Kepala SMKN 1 Kota Cirebon, Arifuddin mengatakan, selama tahun 2022 ini ada sekitar 12 inovasi teknologi yang telah dikembangkan oleh peserta didiknya.

"Salah satunya itu kalau yang terkait IoT yaitu smart home," ucap Arifuddin.

Inovasi IoT mampu menghadirkan sistem pengaturan rumah secara otomatis yang dapat beroperasi secara jarak jauh lewat internet menggunakan handphone.

Lebih lanjut Arifuddin menjelaskan Inovasi ini mampu mempermudah sang pemilik untuk mengaturnya saat bepergian ke luar kota. 

"Jadi seperti listrik AC, panel pintu, hingga CCTV (Closed Circuit Television) semua bisa diatur melalui handphone kita. Jadi walaupun kita berada jauh dari rumah misalnya di luar kota, terus lupa menutup dan mengunci pintu, kita bisa melakukannya dari jauh," terangnya. 

Menurut Arifuddin, inovasi perancangan rumah pintar berteknologi terpusat ini melibatkan banyak bidang keilmuan. Pengerjaannya tidak hanya dilakukan oleh jurusan teknik konstruksi untuk desain model, melainkan perlu berkerjasama dengan siswa teknik komputer dan jaringan (TKJ) untuk pendekatan teknologinya dan jurusan teknik elektronika untuk instalasinya.

"Untuk perakitan oleh siswa di jurusan elektronika," katanya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut