get app
inews
Aa Read Next : Keberanian Prajurit Paskhas Siap Ledakkan Granat ke Tentara Australia (1)

Kisah Heroik Pratu Suparlan Pasukan Kopassus Berjuluk Rambo Indonesia

Jum'at, 04 November 2022 | 08:13 WIB
header img
Kisah Heroik Pratu Suparlan Berjuluk Rambo Indonesia. Foto : Istimewa

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Pratu Suparlan sosok prajurit Kopassus gagah berani berjuluk Rambo Indonesia, bahkan untuk mengenang keberaniannya ada sebuah granit hitam berpahatkan namanya diletakkan di Komplek Markas Besar TNI Cilangkap.

Kisah heroiknya melegenda di kalangan prajurit Kopassus saat pertempuran merebut Timor Timur dari tangan pemberontak Komunis Fretilin. Dalam sebuah tulisan di Majalah Baret Merah edisi April 2014, Pratu Suparlan dikisahkan mengadang lebih dari 100 prajurit Fretilin.

Ketika itu pada 1975, terjadi Revolusi Bunga di Portugal, negara yang saat itu menduduki Timor-Timur. Revolusi ini menyebabkan Portugal tidak bisa mempertahankan daerah kekuasaannya sehingga dimanfaatkan partai politik komunis Fretilin untuk merebut Timor Timur.

Saat itu ada lebih dari 60.000 warga sipil yang menginginkan integrasi dengan Indonesia dibantai pasukan Fretilin. Demi mencegah terjadinya hal lebih buruk, Indonesia membentuk pasukan gabungan Nanggala-LII Kopassandha (sekarang Kopassus). 

Satu grup yang terdiri atas sembilan perseonel pun dikirim ke Timor-Timur. Dalam grup tersebut berisi empat anggota Kopassus dan lima personel Kostrad yang dipimpin Letnan Poniman Dasuki.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut