get app
inews
Aa Read Next : LPS Mulai Cairkan Tahap I Pembayaran Klaim Simpanan Nasabah BPR Karya Remaja Indramay

7 Peristiwa Perampokan Terbesar di Dunia, Pelakunya Gali Terowongan Selama 3 Bulan

Senin, 24 Oktober 2022 | 07:58 WIB
header img
7 Peristiwa Perampokan Terbesar di Dunia, Pelakunya Gali Terowongan Hingga 3 Bulan. Foto : iNews Cirebon / Ilustrasi

Pelaku kemudian memasang tanda bahwa bank tutup dan saat bersamaan para pelaku lainnya masuk. Mereka membobol brankas dan membawa uang tunai jutaan dolar serta barang berharga.

Viccei melarikan diri ke Amerika Selatan namun akhirnya ditangkap di Inggris saat kembali untuk mengirim mobil Ferrari ke rumah barunya.

4. Perampokan Kantor Sekuritas Inggris

Mulanya seorang pria memfilmkan bagian dalam dari kantor itu. Kemudian, pelaku lainnya menggunakan topeng menculik manajer yang kemudian juga membawa kabur keluarganya. Para perampok membawa mereka ke gudang dan memaksa untuk memberi mereka akses ke tempat uang.

Beberapa perampok berhasil ditangkap meski aksi mereka tergolong rapi.

Perampokan senilai 83 juta dolar AS atau sekitar Rp1,3 triliun merupakan pencurian uang tunai terbesar dalam sejarah Inggris. Peristiwanya terjadi pada 2006 di kantor perusahaan jasa keamanan di Kent. 

5. Banco Central Brasil

Pelakunya melibatkan 25 orang anggota geng berkedok bisnis lansekap palsu. Mereka menghabiskan 3 bulan untuk menggali terowongan sepanjang sekitar 80 meter yang mengarah ke bawah brankas bank.

Begitu masuk, mereka mencuri beberapa kontainer berisi uang tunai 160 juta real Brasil atau sekitar Rp71,6 juta dolar kurs saat itu (sekitar Rp1,1 triliun saat ini). Namun petugas hanya berhasil menangkap delapan orang beserta uang 20 juta real.

Perampokan tersebut terjadi pada 2005 di Fortaleza, Brasil. Guinness Book of World Records bahkan memasukkannya sebagai perampokan bank terbesar di dunia.

6.Perampokan Bank Irlandia Utara

Peristiwa ini terjadi sepekan sebelum Natal pada 2004. Para pelaku merampok kantor bank di Belfast dengan menyamar sebagai polisi. Mereka lebih dulu beraksi di rumah dua manajer bank kemudian menyandera keluarga. Sementara kedua manajer itu diinstruksikan untuk bekerja seperti biasa.

Begitu jam kerja selesai, para manajer yang ketakutan keluarganya disandera memberi akses masuk kepada para pelaku ke bank. Mereka kemudian mencuri uang tunai sekitar 26,5 juta poundsterling dan mata uang asing lainnya. Perampokan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah negara itu.

7. Brink's-Mat Inggris

Pencurian bank pada 1983 ini termasuk menjadi sorotan publik karena melibatkan orang dalam.

Seorang petugas keamanan Brink's-Mat, Anthony Black, membiarkan sekelompok perampok masuk gudang perusahaan di Bandara Heathrow London. Para penjaga yang tak terlibat diikat.

Selain membawa kabur uang tunai, para pelaku juga menggondol emas dan berlian dengan total nilai jarahan 41 juta dolar AS.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut