get app
inews
Aa Read Next : Cirebon Dilanda Banjir: 20.000 Rumah di 9 Kecamatan Terendam, 83.000 Jiwa Terdampak

Tradisi Maulid jadi Ajang Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Cirebon

Selasa, 18 Oktober 2022 | 18:45 WIB
header img
Tradisi Tradisi maulid yang dilakukan di hampir seluruh wilayah Kabupaten Cirebon, menjadi berkah tersendiri untuk masyarakat. (Foto: Istimewa/Net)

KABUPATEN CIREBONiNewsCirebon.id Tradisi Tradisi maulid yang dilakukan di hampir seluruh wilayah Kabupaten Cirebon, menjadi berkah tersendiri untuk masyarakat. Adanya perayaan maulid menjadi ajang Kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh pakar ekonomi dan juga pengamat budaya Cirebon, S. Sandi Wiranata, saat dikonfirmasi, Selasa (18/10/2022).

"Bulan ini adalah bulan maulid dimana ada momentum yang baik khususnya bagi masyarakat Cirebon dan sekitarnya, dimana bulan ini hampir seluruh pelosok di Cirebon mengadakan tradisi maulid dimana tradisi ini dilakukan dengan berbagai cara seperti karnaval budaya dan kegiatan budaya lainnya," ujar Sandi.

Sebagaian masyarakat mungkin mengira kegiatan maulid nabi hanya ada di Keraton yang ada di Cirebon saja, seperti Kraton Kanomana, Kraton Kasepuhan, Kraton Kacirebon dan Kraton Keprabon saja dengan tradisi panjang jimat. Namun kenyataannya hampir seluuruh pelosok di Cirebon ini mengadakan tradisi maulid seperti Gegesik, Pekantingan dan sejumlah daerah lainnya.

"Muludan Gegesik merupakan perayaan tahunan masyarakat Gegesik, Kabupaten Cirebon dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Momonet ini dimana seluruh masyarakat dari beberapa daerah di Cirebon barat khusunya dan Indramayu berkumpul, disitu akan hadir pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan," katanya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut