get app
inews
Aa Read Next : Wanita Cantik Ini Manfaatkan 2 Vagina Miliknya 1 Khusus untuk Pacar dan Umum

Jangan Digaruk, Berikut 13 Tips Aman Mengatasi Vagina Gatal

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 20:40 WIB
header img
13 Tips Aman Cara Atasi Vagina Gatal Gatal ( Foto : MNC Media)

iNewsCirebon.id - Ganngguan gatal pada Vagina sering dialami kebanyakan perempuan, Kondisi vagina gatal tak hanya sekali dua kali dirasakan, Gangguan ini sering kali muncul, hilang, kemudian muncul lagi. Selain karena infeksi bakteri atau jamur, vagina gatal dapat disebabkan oleh alergi atau faktor yang berasal dari dalam saluran vagina.

Jika gatal terus menerus terjadi hingga membuat bentuk vagina menjadi lecet dan bernanah, sebaiknya segera bawa ke dokter terdekat. Namun jika rasa gatal masih bisa ditanggulangi, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah mengutip dari okehealth, Sabtu (8/10/2022). 

1. Cek sabun yang digunakan

Sabun yang mengandung wewangian biasanya membuat gatal pada vagina. Coba beralih ke sabun hipoalergenik. Sabun bayi dapat menjadi pilihan salah satunya.

2. Pilih pembalut yang aman

Tak sedikit perempuan yang alergi karena kontak dengan pembalut. Zat yang terkandung dalam bahan pembalut terkadang menimbulkan alergi. Belum lagi jika Anda malas menggantinya. Pilih pembalut yang berbahan organik dan tanpa pewangi. Anda juga dapat beralih ke menstrual cup atau tampon.

3. Pakai Krim Vaginisil

Krim Vaginisil bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal pada vagina. Krim ini dijual bebas sehingga Anda dapat membelinya tanpa resep dokter.

4. Oleskan aquafor

Jika gatal terasa membakar, terutama saat buang air kecil, lap lembut vagina setelah dibasuh. Kemudian oleskan aquafor pada bagian gatal. Ini akan membuat rasa gatal pada vagina menjadi tenang.

5. Gunakan krim infeksi jamur

Jika Anda merasa gatal disebabkan oleh jamur, dapat dioleskan krim infeksi jamur. Namun ingat, tak semua rasa gatal disebabkan oleh jamur. Temui dokter jika tak yakin apa penyebab rasa gatal tersebut.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut