get app
inews
Aa Read Next : Pertamina SA Cirebon Lakukan Pemeriksaan Quality & Quantity Sampling di SPBU

Viral Hasil Uji Pertalite RON 90 Ternyata Hanya 86, Begini Penjelasan Pertamina

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 17:22 WIB
header img
Viral di media sosial Twitter terkait unggahan hasil pengujian nilai oktan Pertalite RON 90, tetapi dituliskan RON 86. (Foto: Twitter @yo2thok)

Menanggapi unggahan viral tersebut, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting langsung memberi penjelasan bahwa alat pengujian RON yang akurat harus mengacu kepada metode standar seperti ASTM RON.

Menurutnya, seluruh pengujian dapat divalidasi dan alat yang digunakan selalu dikalibrasi.

"Pada gambar tersebut, Pertamina tidak dapat memastikan alat yang digunakan dalam pengujian RON," ujar Irto dilansir dari wawancara oleh iNews.id, Sabtu (8/10/2022).

Lebih lanjut Irto menilai, unggahan tersebut masih belum memberi kejelasan terkait alat yang digunakan apakah alat yang digunakan tersebut adalah Oktan Analyzer Portable, maka setidaknya harus tersertifikasi.

"Alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala," kata dia.

Irto memastikan Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) telah melakukan uji enam sample Pertalite di enam SPBU wilayah Jakarta. Adapun hasilnya masih sesuai dengan ketentuan.

"Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486. K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri," ucapnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut