SMPN 2 Palimanan Gelar Karya P5, Ajarkan Anak Jadi UMKM Sejak Dini

Dede Kurniawan
.
Jum'at, 30 September 2022 | 20:11 WIB
SMPN 2 Palimanan, Kabupaten Cirebon gelar karya P5, ajak anak jadi UMKM sejak dini. (Foto: Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id SMPN 2 Palimanan, Kabupaten Cirebon gelar karya P5, ajak anak jadi UMKM sejak dini. Galar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan implementasi dari kurikulim merdeka dilaksanakan oleh SMPN 2 Palimanan, kemarin yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H Ronianto.

Kepala SMPN 2 Palimanan Yulistin, mengatakan, dalam kegiatan gelar karya P5 ini adalah salah satu implemantasi dari kurikulum merdeka yang diajarkan peda anak didik. Dalam kegiatan ini, para siswa diberikan kewenangan untuk membuat ide, memproduksi dan memasarkan atau menampilkan hasil karyanya.

"Kami disini lebih menekankan kepada bidang UMKM, harapannya anak-anak saat berada di masyarakat sudah memahami betul apa itu UMKM dan bagai mana cara menjalankan usaha," ujarnya.

Sementara itu, Kadisdik Kabupaten Cirebon, H Ronianto mengatakan, P5 adalah kegiatan baru di kurikulim merdeka yang diharapkan dapat mengembangkan potensi anak didik. P5 ini langsung melaksanakan praktek tidak hanya pembelajaran didalam kelas.

"Mudah-mudahan adanya kegiatan ini menjadi bekal anak-anak ketika berada di masyarakat, dan semua sekolah wajib mengadakan P5 ini," katanya.

Ronianto berharap dengan kurikulum merdeka dan metode pembelajaran dengan paradigma baru, anak didik bisa lebih menyenangkan saat berda di dalam kelas.  Sehingga anak didik bisa lebih semangat dalam belajar dan menunjukan potensi dirinya sendiri tanpa harus didorong oleh guru.
 

Editor : Miftahudin
Bagikan Artikel Ini