get app
inews
Aa Read Next : Kang Hero Edukasi Kalangan Milenial, Paham 4 Pilar Kebangsaan

BEI Catat Cirebon Sumbang 16.000 Investor

Kamis, 17 Juni 2021 | 14:46 WIB
header img
Kepala Kantor BEI Wilayah Jawa Barat Reza Sadat Shahmeini dalam Virtual Zoom

CIREBON, iNews.id - Wilayah Cirebon merupakan salah satu wilayah tertinggi penyumbang jumlah investor pasar modal di Jawa Barat (Jabar). Tercatat hingga Mei 2021, jumlah investor yang masuk ke Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai 16.000 investor.

Kepala Kantor BEI Wilayah Jawa Barat Reza Sadat Shahmeini menyatakan, pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, pertumbuhan investor pasar modal didorong era transaksi digital.

"Untuk transaksi saham kita sebenarnya telah lebih dulu memanfaatkan proses digitalisasi. Apalagi, dalam masa pandemi seperti sekarang era transformasi digital mengalami percepatan sangat luar biasa terhadap pertumbuhan jumlah investor baik saham maupun pasar modal," ungkap Reza dalam workshop wartawan, melalui virtual zoom, belum lama ini.

Reza mengatakan, pihaknya mencatat jumlah investor pasar modal hingga Mei 2021 mengalami pertumbuhan hingga 42 persen dibanding posisi bulan yang sama di tahun 2020. 
Dari total pertumbuhan 305.752 investor yang masuk, hingga posisi Mei 2021, salah satunya disumbang kaum milenial.

"Ini yang terjadi sekarang ini, melalui media sosial, kalangan milenial sangat tertarik untuk dapat berinvestasi saham maupun pasar modal," tandas Reza.

Reza mengatakan, pada wilayah Jawa Barat, Kantor BEI memiliki ratusan Galeri Investasi. Di mana, dari sejumlah galeri yang ditempatkan pada beberapa kampus perguruan tinggi itu tidak hanya untuk memberikan edukasi juga pemahaman bagi mahasiswa terkait dengan pasar modal.

"Kita beryukur dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan sejumlah galeri, telah turut mendorong investor pasar modal," katanya.
Mengenai mayoritas investor pasar modal di Jawa Barat sendiri, Reza mengatakan, masih didomonasi daerah Bandung Raya dan Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek).

"Meski dari ke dua wilayah tersebut yang paling tinggi, Wilayah Cirebon juga memiliki jumlah yang sama, bahkan lebih tinggi bila dibanding dua wilayah lainnya, seperti Sukabumi dan Tasikmalaya. Di mana, jumlah investor di wilayah Cirebon ini bisa mencapai 16.000 investor pasar modal," tambah Reza.

 

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut