get app
inews
Aa
Read Next : PNS Ini Hilang Selama 6 Bulan, Ditemukan Istinya di Rumah Wanita Simpanan

Berikut Sanksi Berat Pada PNS yang Doyan Selingkuh

Kamis, 22 September 2022 | 11:42 WIB
header img
PNS Doyan Selingkuh, Siap Siap Dapat Sanksi Berat ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melakukan tindakan pelanggaran atau indisipliner harus mendapatkan sanksi kepegawaian berupa hukuman disiplin, termasuk sanksi pada PNS yang ketahuan berselingkuh. 

Sanksi bagi PNS yang selingkuh menarik untuk diulas. PNS merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga harus menjadi teladan bagi masyarakat.

Dalam PP Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil telah dijabarkan mengenai kewajiban PNS dan juga Larangan PNS. 

Lantas, sanksi bagi PNS yang Selingkuh masuk kategori mana? Berikut ulasannya.

Pada jenis hukuman ini, pelanggar akan diberikan tiga jenis hukuman. Hukuman tersebut berupa teguran lisan, teguran tertulis, dan pernyataan tidak puas.

Contoh pelanggaran ringan ini antara lain datang terlambat, pulang sebelum waktunya, tidak masuk kerja tanpa izin, melakukan penjualan barang terlarang.

Hukuman indisipliner pada tingkat sedang terdiri dari tiga jenis, yaitu penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.

Untuk contoh pelanggarannya sebenarnya tidak begitu berbeda dengan pelanggaran ringan. Yang membedakan adalah hukuman ini dijatuhkan apabila hukuman tingkat ringan sebelumnya tidak diindahkan oleh si pelanggar.

Sebagai contoh adalah yang tertulis dalam Pasal 12 PP Nomor 32 Tahun 1979, “PNS yang meninggalkan tugasnya secara tidak sah dalam waktu 2 bulan terus menerus dihentikan pembayaran gajinya mulai bulan ke tiga”.

Hukuman disiplin tingkat berat ini terbagi menjadi lima jenis, yaitu :

- Penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun

- Pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah

- Pembebasan dari jabatan

- Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNSContoh dari pelanggaran ini antara lain penyalahgunaan keuangan pemerintah atau satuan kerja untuk kepentingan pribadi, melakukan tindak pidana, perselingkuhan, dan sebagainya.

 - Pemberhentian tidak hormat sebagai PNS

Contoh dari pelanggaran ini antara lain penyalahgunaan keuangan pemerintah atau satuan kerja untuk kepentingan pribadi, melakukan tindak pidana, perselingkuhan, dan sebagainya.

Nah ternyata sanksi PNS yang selingkuh masuk kategori hukuman berat.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut