Berikut Solusi Hidupkan Ulang Motor Injeksi Saat Kehabisan Bensin, Simak Caranya

Riant Subekti/Net Cirebon
.
Selasa, 20 September 2022 | 14:23 WIB
Cara Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Saat Kehabisan Bensin, Berikut Tahapanya ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Bagaimana solusi menghidupkan kembali motor injeksi yang kehabisan bensin? Motor di masa kini sudah menganut sistem injeksi yang memiliki cara kerja memompa bensin untuk dimasukkan ke ruang pembakaran mesin. Oleh karena itu, cara penanganan pada motor injeksi berbeda dengan motor yang masih menggunakan karburator.

iNewsCirebon.id mengutip channel Youtube Arif Pamuji, di dalamnya menjelaskan bagaimana solusi menghidupkan kembali motor injeksi yang kehabisan bensin. Ia mengatakan motor injeksi tidak bisa di engkol, meski tangki bahan bakar sudah diisi bensin.

“Motor injeksi itu tidak akan bisa hidup saat disela (engkol) karena tidak memanfaatkan vakum dari mesin. Sedangkan pada motor karburator itu ada membran, jadi ketika diengkol mesin akan menyedot bensin,” kata Arif Pamuji.

Arif Pamuji menegaskan motor injeksi memanfaatkan fuel pump untuk menyalurkan bensin ke mesin. Ketika motor injeksi kehabisan bensin jug selang injektor akan kemasukn udara yang membuat motor sulit dihidupkan.

“Kebiasaan teman-teman itu jika motor injeksi kehabisan bensin setelah tangki diisi, maka langsung distarter. Sebenarnya itu tidak boleh karena bisa membuat aki tekor,” ucap Arif.

“Kalau yang masih awal akan menganggap motor injeksi rusak karena kehabisan bensin. Itu presepsi yang salah.”

Dikutip dari Astra Motor, beberapa dampak buruk dapat terjadi karena motor kehabisan bensin.

Berikut cara yang benar untuk menghidupkan motor injeksi yang mogok saat kehabisan bensin.

- Cari Pom Bensin Terdekat atau Penjual Bensin Eceran

Mencari pom bensin terdekat menjadi cara yang tepat untuk membuat motor injeksi bekerja lagi. Jika tidak terdapat pom bensin, maka dapat memanfaatkan penjual bensin eceran untuk mencapai ke pom bensin terdekat.

- Jangan Langsung Menyalakan Motor

Seperti yang dijelaskan oleh Arif Pamuji, motor injeksi yang kehabisan bahan bakar tidak boleh langsung dihidupkan setelah diisi bensin. Selain dapat menyebabkan aki tekor atau habis, itu bisa menyebabkan kerusakan pada area lainnya.

-Memutar Kunci dari Off ke On

Setelah motor injeksi terisi bensin disarankan untuk tidak langsung menekan tombol starter. Putar kunci hingga posisi On. Setelah suara fuel pump mati, lalu putar kembali kembali kunci ke posisi Off. Itu dilakukan sebanyak lim kali yang ditujukan agar injektor terisi bensin dan udara yang ada di saluran terbuang.

- Starter Motor

Setelah melakukan putar kunci sebanyak lima kali, maka motor sudah dapat dihidupkan dengan normal dengan menekan tombol starter. Namun, jika masih terdapat kick starter, maka disarankan untuk menggunakannya untuk meminimalisir aki bekerja keras.

Itu merupakan langkah tepat untuk menghidupkan motor injeksi yang mogok karena kehabisan bensin, semoga informasi tadi bermanfaat. 

Editor : Miftahudin
Bagikan Artikel Ini