Logo Network
Network

10 Wasit Sepak Bola dengan Bayaran Termahal di Dunia, Ada yang Capai Rp1 Miliar

Dede Kurniawan/Net Cirebon
.
Senin, 19 September 2022 | 19:03 WIB
10 Wasit Sepak Bola dengan Bayaran Termahal di Dunia, Ada yang Capai Rp1 Miliar
Sepuluh wasit sepak bola dengan bayaran termahal di dunia, ada yang mencapai Rp1 miliar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Sepuluh wasit sepak bola dengan bayaran termahal di dunia, ada yang mencapai Rp1 miliar. Menjadi wasit tidak semua orang bisa, butuh keahlian khusus untuk bisa menjadi pengadil lapangan ini.

Wasit merupakan instrumen untuk mengadili pelanggaran yang terjadi baik di lapangan dan lingkungan lapangan. Wasit sepak bola terbaik dilatih di kamp nasional yang berafiliasi dengan FIFA, dan setiap organisasi nasional menyerahkan daftar pejabat tinggi kepada FIFA untuk dimasukkan dalam Daftar Wasit Internasional FIFA.

Tidak heran jika profesi ini memiliki gaji yang besar karena perannya pun sangat vital. Tanpa wasit, permainan sepak bola profesional tak akan dimulai. Tetapi ada hal yang membuat kita semua tercengang, yaitu mengenai gajinya.

Lantas siapa saja gaji wasit sepak bola dengan bayaran termahal di dunia, dikuti, Senin (19/9/2022) berikut wasit sepak bola dengan bayaran termahal di dunia.

Wasit sepak bola dengan bayaran termahal di dunia:

1. Mark Clattenburg

Mark Clattenburg pria kelahiran 13 Maret 1975 di Place County Durham, Inggris ini merupakan wasit dengan gaji tertinggi. Dalam 1 musim Mark Clattenburg mendapatkan gaji mencapari Rp9,4 miliar.

Mark Clattenburg memiliki segudang pengalaman yaitu sebagai wasit Liga Premier dan Asosiasi Sepak Bola Durham County serta mantan wasit FIFA. Wasit asal Inggris ini pernah memimpin laga akbar seperti Final Liga Champions UEFA 2016 dan Final UEFA Euro 2016.

2. Damir Skomina

Damir Skomina Pria kelahiran SFR Yugoslavia pada 5 Agustus 1976 ini memiliki gaji dalam setiap laga mencapai Rp145 juta.

Damir Skormia saat ini menjadi mantan wasit sepak bola kategori UEFA Elite dari Slovenia. Dia adalah wasit dengan gaji tertinggi kedua dalam kategori UEFA Elite. Wasit Yugoslavia ini telah memimpin beberapa pertandingan akbar dalam beberapa tahun terakhir.

3. Felix Brych

Felix Brych pria kelahiran Munich, Jerman  3 Agustus 1975 memiliki gaji yang cukup besar yakni Rp145 juta dalam sekali pertandingan. Felix merupakan wasit yang bekerja untuk SV Am Heart. 

Selain berbakat dalam bidang olahraga, ia juga serius dalam studi hingga dirinya bergelar doktor hukum. Wasit Jerman ini terpilih sebagai pengadil di Piala Dunia Rusia pada 2018. Felix terkenal sebagai wasit yang paling rajin akan segala hal.

4. Cuneyt Cakir 

Cuneyt Cakir merupakan kelahiran  merupakan Istanbul, Turki pada 23 November 1976, memiliki gaji sebesar Rp145 juta untuk satu kali pertandingan.

Cuneyt telah menjadi wasit anggota UEFA Elite sejak 2010. Sedangkan di FIFA sudah sejak 2006. Wasit asal Turki ini telah menjadi pengadil lapangan untuk waktu yang lama.

Hingga Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola mendeklarasikannya sebagai untuknya sebagai wasit terbaik kedua di dunia berdasarkan penampilannya sebelumnya dari 2010 hingga 2020.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini