Logo Network
Network

Intip Fasilitas Kota Bawah Tanah di Berbagai Negara, Tempat Ibadah hingga Rumah Sakit di Dalamnya

Stefani Ira Pratiwi/Net Cirebon
.
Senin, 19 September 2022 | 11:56 WIB
Intip Fasilitas Kota Bawah Tanah di Berbagai Negara, Tempat Ibadah hingga Rumah Sakit di Dalamnya
Kota Bawah Tanah Didunia, Di dalamnya terdapat Fasilitas Rumah Sakit dan Penyulingan Anggur ( Foto : MNC)

3. Wieliczka

Kota bawah tanah ini memiliki kamar, lorong, dan patung-patung kuno serta terletak di pinggir kota Krakow, Polandia. Wieliczka dibangun 1200-an saat penambang menemukan garam batu di dalam bumi. Tambang ini berhenti berproduksi 2007 setelah 700 tahun beroperasi.

4. Dixia Cheng

Pada 1960-an hingga 1970-an China dibayang-bayangi oleh ancaman invasi, pemboman, dan juga serangan nuklir. Sebagai tempat perlindungan, pemerintah China kemudian membangun tempat persembunyian raksasa di bawah kota Beijing yang bernama Dixia Cheng.

Kota ini diperkirakan mampu menampung 1 juta orang. Di dalam kota bawah tanah ini dapat ditemukan bangunan sekolah, rumah sakit, lumbung, ruang tidur, dan restoran yang memang dipersiapkan sebagai tempat perlindungan untuk periode lama. Pada 2000, Dixia Cheng dibuka untuk umum. Namun pada 2008 tempat ini ditutup karena renovasi. 

5. Orvieto

Terletak di salah satu puncak bukit di Italia, kota ini sempat menjadi pusat penting peradaban Etruria. Diperkirakan terdapat lebih dari 1.200 terowongan yang semuanya diciptakan oleh tenaga manusia dari era Etruscan.

Baru ditemukan pada 1970, kota bawah tanah ini menjadi warisan sejarah dan arkeologi Italia. Kota bawah tanah Orvieto juga memiliki galeri yang saling terkait. Saat Perang Dunia ke II, masyarakat sekitar menggunakannya sebagai tempat persembunyian dari serangan bom. 

6. Burlington

Bunker Burlington memiliki luas wilayah hingga 35 hektare. Kota ini awalnya merupakan sebuah tambang yang terbengkalai yang terletak 100 kaki di bawah desa Corsham.

Dibangun pada 1950, kota ini memiliki fasilitas seperti ruangan kantor, kafetaria, telepon, fasilitas media, studio penyiaran BBC, dan kamar tidur. Salah satu ruangan dirancang untuk Perdana Menteri Inggris dan bagi 4.000 lebih aparat pemerintah, agar tetap terlindung selama keadaan darurat.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini