get app
inews
Aa Read Next : Cara Turunkan Kolesterol dalam Semalam, Simak Tips Berikut

Turunkan Kolesterol Tinggi, Berikut 3 Ramuan Herbal Ampuh dan Aman

Sabtu, 10 September 2022 | 10:02 WIB
header img
Ramuan Herbal Dipercaya Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi ( Foto : Istimewa)

CIEREBON, iNews.id - Berikut 3 ramuan herbal yang di percaya bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, Berbagai cara menurunkan kolesterol yang tinggi kadarnya, tentunya bisa dengan cara alami atau pun obat. 

Salah satunya dengan menggunakan ramuan herbal. Lantas, ramuan herbal apa saja yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh? 

Dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (8/9/2021, berikut ulasanya untuk anda ketahui

1.Jahe 

Jahe dipercaya sebagai ramuan herbal yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram jahe setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% dalam periode 3 bulan. "Ada beberapa bukti, baik pada manusia maupun hewan, bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat), kolesterol total, dan trigliserida darah secara signifikan," demikian keterangan yang tercantum di laman Healthline. 

2. Daun Sirih

Daun yang dikenal bisa dikonsumsi sebagai jamu atau ramuan herbal ini juga mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Anda dapat menggunakan daun sirih dengan merebusnya di dalam air sampai mendidih dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3-4 lembar. "Efek penurun lipid dari daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus," jelas keterangan dalam website Medindia. 

3. Kunyit 

Kunyit yang merupakan tanaman herbal khas Indonesia ternyata bisa menurunkan kolesterol juga. Konsumsi kunyit putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Oleh karena itu, tanaman ini diduga bisa menjadi alternatif obat herbal bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Dengan begitu, risiko penyakit jantung serta stroke dapat berkurang.

Demikian informasi mengenai obat herbal untuk menurunkan kolesterol tinggi yang bisa kami berikan, mudah mudahan bermanfaat

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut