Logo Network
Network

6 Cara Atasi Ribuan Lembing Walang Sangit yang Serang Rumah Warga

Tim Liputan
.
Minggu, 21 November 2021 | 01:07 WIB
6 Cara Atasi Ribuan Lembing Walang Sangit yang Serang Rumah Warga
Ribuan lembing walang sangit serbu rumah warga (Foto : Sindonews.doc)

CIREBON, iNews.id - Serangan ribuan lembing walang sangit di Desa Babad Kabupaten Cirebon perlu mendapat perhatian dari dinas setempat, namun alangkah baiknya jika kita mengenal lebih jauh tentang lembing walang sangit sehingga kitapun dapat turut serta mengatasinya.

Lembing walang sangit serangga yang menjadi hama penting pada tanaman budidaya, terutama padi. Di Indonesia, serangga ini disebut: kungkang, pianggang, dan tenang. 

Dilansir dari Wikipedia, hewan ini mudah dikenali dari bentuknya yang memanjang, berukuran sekitar 2 cm, berwarna cokelat kelabu, dan memiliki "belalai" (proboscis) untuk menghisap cairan tumbuhan. 

Hewan ini mengisap cairan tanaman dari tangkai bunga (paniculae) dan juga cairan buah padi yang masih pada tahap masak susu sehingga menyebabkan tanaman kekurangan hara dan menguning (klorosis), dan perlahan-lahan melemah. 

Namanya menunjukkan bentuk pertahanan dirinya, yaitu mengeluarkan aroma yang menyengat hidung sehingga dinamakan "sangit". 

Lembing walang sangit tertarik dengan bau busuk atau bau bangkai seperti bangkai kepiting, kotoran hewan dan lain sebagainya. 

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.