get app
inews
Aa Read Next : Pria di Ciwaringin Ditemukan Tewas Gantung Diri Depan Teras Rumah

Kabag Kesra Sindir DLH, Sebut Sampah Penuhi Sungai Ciwaringin

Sabtu, 20 November 2021 | 09:51 WIB
header img
Tumpukan sampah di sungai Ciwaringin yang dianggap salah satu masalah yang membuat petani di Kabupaten Cirebon tidak sejahtera (Foto : H Asdullah)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Kepala Bagian Kesra, Setda Kabupaten Cirebon, H Asdullah menyindir Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, lantaran adanya tumpukan sampah di sungai Ciwaringin yang berada di Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/11/2021).

"Pagi ini kebetulan saya jalan-jalan sambil bersepeda, kebetulan melihat pemandangan yang kurang sedap, terkait banyaknya tumpukan sampah di sungai Ciwaringin, dan saya prihatin dengan kondisi sampah yang menumpuk sehingga menutupi aliran air," ujar Asdullah.

Dikatakan Asdullah, jika sampah ini dibiarkan begitu saja, dirinya khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti banjir, karena curah hujan di Kabupaten Cirebon saat ini juga sudah mulai sering turun.

"Kalau sudah banjir, yang kasihan siapa, kalau bukan petani, terlebih saat ini sawah disekitar sungai Ciwaringin ini baru memasuki masa tanam, kalau terjadi banjir dan mengenai sawah, terlebih sampai berhari-hari, sudah dipastikan tanaman padi akan busuk dan petani harus menanam ulang," katanya.

Jika terjadi tanam ulang, dijelaskan Asdullah, yang dirugikan adalah petani, dan kalau petani sudah rugi, kapan petani bisa sejahtera, untuk itu dirinya meminta kepada pihak DLH untuk segera melakukan tindakan atas tumpukan sampah ini, jangan sampai sudah terjadi banjir baru menyalahkan satu sama lainnya.

"Tidak hanya petani, nelayan juga bisa dirugikan, akibat tumbukan sampah ini, kalau dibiarkan hanyut ke muara, hilir mudik kapal nelayan juga pasti akan terganggu," tandasnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut