get app
inews
Aa Read Next : Waspada 3 Jenis Kejahatan Perbankan Digital Berikut, Bisa Menguras Isi Tabungan

Simak Cara Kerja dan Pakai QRIS, Aplikasi Pembayaran Digital

Sabtu, 03 September 2022 | 10:40 WIB
header img
Cara Kerja QRIS yang Perlu Anda Ketahui BANKINK ( Foto : Istimewa)

iNews.id - QRIS ( Quick Response Code Indonesian Standar) sistem pembayaran digital, agar memudahkan sistem pembayaran menjadi lebih aman dan efisien

Cara kerja QRIS perlu Anda simak sebagai pionir alat transaksi digital di Indonesia ini.

Pada 1 Januari 2020 Bank Indonesia mengeluarkan inovasi yang disebut sebagai QRIS atau (Quick Response Code Indonesian Standard). Hal tersebut demi mendukung sistem pembayaran digital di Indonesia yang masih bisa terbilang baru pada saat itu. Saat pertama kali keluar, QRIS langsung memiliki dampak terhadap toko atau mitra yang menggunakan teknologi finansial (fintech) seperti GoPay, OVO, LinkAja, dan DANA. Saat ini, lebih dari 1,6 juta toko telah mengadopsi sistem QRIS ini.

Dengan kemunculan QRIS, kemudian bagaimana cara kerja QRIS sebagai sistem pembayaran digital di Indonesia. IDXChannel telah merangkum penjelasannya dari berbagai sumber.

Cara Kerja QRIS 

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa saat ini sudah banyak merchant yang menggunakan QRIS sebagai alat transaksi digital. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Quick Response Code Indonesian Standard menggunakan sistem QR code sebagai alat transfer data yang canggih untuk melakukan transaksi secara digital. QR code adalah sebuah kode matriks dua dimensi yang terdiri dari 3 pola persegi dan juga modul hitam. Pola-pola tersebut memiliki kemampuan untuk menyimpan data alfanumerik, karakter atau simbol.

Cara Pakai QRIS

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara kerja QRIS, selanjutnya ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan QRIS bagi Anda yang belum tahu. Cara pakai QRIS ini berguna bagi Anda jika ingin menggunakan dompet digital seperti OVO, GoPay, atau aplikasi DANA. Simak cara berikut ini:

Pertama, pilih Metode Pembayaran. Saat Anda melakukan pembayaran di kasir atau pembayaran online, pilih metode pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard.

Buka Aplikasi Pilihan. Anda bisa menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur QRIS.

Pilih Scan QRIS. Klik fitur QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)

Masukkan nominal. Ketik nominal pembelanjaan atau konfirmasi jika sudah otomatis.

Terakhir, Anda tinggal Klik Bayar. jika sudah sesuai klik bayar dan pembayaran sukses.

Cara Daftar QRIS

Jika Anda ingin membuka usaha dengan memiliki fitur pembayaran QRIS, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara daftar QRIS. Berikut langkah yang harus Anda lakukan:

 

 

Kunjungi lama resmi QRIS yakni https://qris.id/register/

Klik tombol Daftar Sekarang dan kamu akan diarahkan ke form registrasi.

Siapkan KTP, foto diri dan NPWP.

Isi form yang tersedia.

Klik Lanjutkan dan ikuti arahan yang tersedia.

Demikian ulasan mengenai cara kerja QRIS, cara pakai QRIS dan cara daftar QRIS. Semoga artikel ini dapat mencerahkan Anda.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut