get app
inews
Aa Read Next : 4 Pengusaha Wanita Asal Indonesia yang Mendunia

Inilah Perjalanan Susi Pudjiastuti, dari Pengepul Ikan hingga Jadi Pengusaha Sukses

Kamis, 01 September 2022 | 15:16 WIB
header img
Inilah perjalanan Susi Pujiastuti, dari pengepul ikan hingga pengusaha sukses. (Foto: DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Inilah perjalanan Susi Pujiastuti, dari pengepul ikan hingga pengusaha sukses. Kisah inspiratif Susi Pudjiastuti telah menginspirasi banyak orang. 

Sebagai salah satu wanita sukses di Indonesia, Susi Pudjiastuti telah melalui berbagai rintangan hingga menjadi seperti sekarang. Namanya dikenal setelah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) periode 2014-2019. 

Meski pengangkatannya menuai pro dan kontra lantaran hanya berijazah SMP, namun kinerja Susi justru dinilai sangat baik. Siapakah sosok wanita yang satu ini dan bagaimana kisah inspiratif Susi Pudjiastuti? MNC Portal merangkum lika-liku perjalanan hidupnya seperti berikut ini. 

Berikut kisah perjalanan Susi Pujiastuti

Kisah Inspiratif Susi Pudjiastuti

Nama Susi Pudjiastuti memang mencuat pertama kali setelah masuknya dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Ia yang hanya berijazah SMP terpilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Sontak publik geger dan menuai pro dan kontra. 

Namun, siapa sangka, di balik pro kontra tersebut, Susi justru berhasil membuktikan kemampuannya dengan berbagai kebijakan yang dinilai berhasil. Tak hanya terkenal di bidang politik, wanita yang satu ini justru telah lebih dulu terkenal di bidang penerbangan karena memiliki usaha di bidang aviasi bernama Susi Air. 

Anak dari Peternak Sapi 

Di balik kesuksesannya sebagai pengusaha dan mantan menteri, Susi rupanya berasal dari keluarga peternak dan penjual sapi di Jawa Barat. Kedua orangtuanya berasal dari Jawa Tengah dan sudah lama tinggal di Pangandaran.

Susi bahkan telah mulai belajar berbisnis sejak dirinya masih SMP. Ketika anak-anak lain justru sibuk dengan masa remajanya, Susi menghabiskan masa remajanya dengan fokus memulai bisnis. Hal inilah yang menyebabkan Susi menjadi satu-satunya menteri dalam Kabinet Kerja yang hanya berijazah SMP. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut