get app
inews
Aa Read Next : 4 Tradisi Majalengka yang Unik dan Masih Lestari hingga Kini

9 Asal-usul Nama Negara Paling Unik di Dunia, dari Salah Dengar hingga Perang

Selasa, 30 Agustus 2022 | 08:17 WIB
header img
9 Asal-usul Nama Negara Paling Unik di Dunia, dari Salah Dengar hingga Perang ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Ada beberapa asal-usul nama negara paling unik di dunia yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Sebuah nama pasti memiliki arti atau cerita di baliknya. Nah, beberapa negara di dunia juga memiliki sejarah maupun cerita di balik nama negara yang dikenal hingga saat ini. Beberapa di antaranya memiliki nilai sejarah yang panjang, namun beberapa lainnya bahkan cukup unik untuk sebuah sejarah nama negara. 

Asal-usul Nama Negara Paling Unik di Dunia

1.Kanada

Yang pertama adalah Kanada. Nama negara Kanada salah satunya datang dari cerita seorang penjelajah Prancis Jacques Cartier, yang sedang menjelajah melewati sungai St. Lawrence. Saat itu Ia dipandu oleh salah satu penduduk setempat dan diarahkan ke sebuah desa bernama Desa Kanata, yang konon diketahui sebagai tempat terdingin di daerah utara. Saat itu mungkin Cartier salah mendengar dan akhirnya menyebut daerah tersebut dengan nama Kanada.

Sejarah lain menyebutkan bahwa nama Kanada juga merupakan hasil salah dengar dari para penjelajah Spanyol yang sedang melakukan pencarian harta karun. Mereka tidak menemukan apapun selama perjalannya dan berseru aca nada atau ca nada yang berarti tidak ada. 

2.Moldova

Selain Kanada, Moldova juga memiliki kisah unik di balik namanya. Nama Moldova diketahui berasal dari nama seekor anjing.

Dikisahkan bahwa seorang pangeran Romawi bernama Dragos mengerahkan banyak sekali anjing untuk perburuan seekor bison besar. Namun sayang, seluruh anjing yang dikerahkan mati. Ia pun melepaskan satu-satunya anjing favorit miliknya bernama Moda. Molda pun berhasil menemukan bison tersebut dalam keadaan mati. Sayangnya, Molda juga mati tidak lama setelah itu. 

Pangeran pun teramat sedih dan memutuskan bahwa nama tempat Ia berkuasa adalah Molda untuk mengenang nama anjingnya, dan hingga saat ini dikenal dengan nama Moldova.

3. Amerika Serikat

Mungkin beberapa orang sudah mengetahui bahwa nama Amerika Serikat berasal dari nama salah satu anak buah Christopher Columbus, yaitu Amerigo Vespucci. Seperti yang diketahui bahwa Columbus adalah seorang penjelajah dunia yang menemukan daratan Amerika untuk pertama kalinya. 

Amerigo menceritakan pengalaman ekspedisinya ke daerah baru tersebut kepada dua orang Jerman yang berprofesi sebagai penulis peta. Setelah mendengar cerita tersebut, mereka sepakat untuk menamai daratan baru tersebut dengan nama America yang berasal dari Amerigo.

4.Spanyol

Berbeda dengan Kanada yang salah dengar, sejarah nama negara Spanyol bermula dari sebuah kesalahan observasi para leluhur. Diketahui sebuah kelompok bernama Phoenicia sedang melakukan perjalanan hingga mereka mendiami sebuah daerah di barat Mediterania. 

Tempat tersebut lalu diberi nama I-Shapen-im yang memiliki arti pulau para Hyrax. Hyrax sendiri merujuk kepada tikus purba. Bangsa Romawi pun datang ke tempat tersebut dan menamai tempat itu dengan nama Hispania yang hampir sama artinya. 

Setelah ditelusuri, Hyrax ternyata merujuk kepada hewan kelinci. Nama I-Shapen-im pun akhirnya menjadi Spanyol dan tak lain merupakan kesalahan observasi para leluhur. 

5.Finlandia

Finlandia atau Finland memiliki arti “tanah Finns”. Asal-usul dari kata tersebut diduga berasal dari bahasa Jermanik “finna” yang berarti “sisik ikan”. Hal tersebut mengacu pada jenis pakaian yang dikenakan oleh suku-suku awal Finlandia.

6.Pakistan

Asal-usul nama negara paling unik di dunia yang berikutnya adalah nama negara Pakistan. Nama Pakistan dalam bahasa Urdu memiliki arti “tanah murni”.

Pakistan modern dibentuk pada 14 Agustus 1947, namun nama Pakistan sendiri digunakan digunakan satu dekade sebelumnya yang berasal dari seorang Choudhary Rahmat Ali. 

Ia menerbitkan sebuah pamflet Now or Never pada 28 Januari 1933 sebagai sebuah permohonan kepada Pemerintah Inggris. Pamflet tersebut berisi bagaimana sebanyak 30 juta orang muslim ingin merdeka. Beberapa warga tersebut berasal dari daerah Punjab, Afghanistan, Kashmir, Sind, serta Balochistan. Dengan surat surat yang ada, mereka pun memberi akronim Pakstan. 

8.Argentina

Argentina juga memiliki sejarah yang panjang dalam mendapatkan nama negaranya. Seorang pelaut bernama Juan Diaz de Solis berlayar mengarungi laut agar terhindar dari hukum karena diketahui telah membunuh istrinya.

Ia lalu sampai ke sebuah muara dengan nama Mar Dulce, namun sayang Ia diserang oleh penduduk setempat ketika berlayar ke hulu. Beberapa tahun setelahnya, adik iparnya yang bernama Francesco de Torres melanjutkan ekspedisi pelayarannya. Ketika tiba di tempat yang sama, Torres justru disambut dan diberi sebuah bendera yang terbuat dari perak. Hal tersebut menjadi buah bibir dan tempat tersebut diberi nama Tierra Argentina atau Tanah Perak. 

8.Cekoslowakia

Selama 30 tahun, Republik Sosialis Cekoslowakia diperintah oleh rezim komunis dan jatuh dalam sebuah kudeta berdarah bernama Revolusi Velvet. Bangsa baru itu pun dikenal sebagai Republik Cekoslowakia.

Namun, para politisi tidak menyukai nama tersebut dan menginginkan tanda hubung yang melambangkan sebuah koneksi. Setelah berganti nama beberapa kali melalui perang tanda hubung ini, akhirnya diputuskan nama Cekoslowakia atau Republik Ceko dan Slovakia. 

9.Chile

Terakhir ditempati oleh negara Chile. Nama Chile sendiri berasal dari suku Mapuche yang memiliki arti “ujung daratan”. 

Nama itu muncul karena Chile berada di tepi laut, namun sejarah tersebut belum dapat dipastikan. Sejarah lain menyebutkan bahwa Chile berasal dari kata cheele-cheele yang merupakan suara tiruan suku Mapuche untuk memanggil burung. 

Itulah sembilan asal-usul nama negara paling unik di dunia yang menambah wawasan Anda.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut