get app
inews
Aa Read Next : Pilot WNI Ditangkap di Filipina Tak Bisa Tunjukkan Dokumen Senpi yang Dibawanya

Intip, Gaji Pilot di Indonesia Sentuh Rp70 juta per Bulan

Kamis, 25 Agustus 2022 | 19:54 WIB
header img
Besaran gaji pilot disebut-sebut mencapai puluhan juta rupiah, apa benar demikian

​​​​​​JAKARTA,iNews.id – Besaran gaji pilot disebut-sebut mencapai puluhan juta rupiah, apa benar demikian?

Di Indonesia sendiri pilot merupakan profesi yang bergengsi. Lantaran gaji pilot dinilai tinggi. Tak heran jika gaji pilot yang diberikan tinggi, karena sebagai pilot banyak risiko yang ditanggung.

Lantas berapa besaran gaji pilot? Mari simak ulasannya di bawah ini.Gaji Pilot

Dalam kabar yang ada bahwasannya gaji pilot bisa mencapai hingga Rp70 juta per bulan. Namun angka tersebut bukanlah nominal final dari gaji pilot. Sedangkan gaji pilot asing Rp 68,8 juta per bulan.

 

Disamping itu, gaji pilot dipengaruhi beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Gaji pilot juga dapat berbeda-beda berdasarkan maskapai penerbangan di mana pilot itu bekerja.

 

Selanjutnya adalah gaji pilot juga dilihat dari jabatan yang ditempati.

 

1. Second Officer (SO)

Pertama adalah posisi SO. Gaji seorang pilot yang berstatus SO atau dapat dibilang karier pertama lulusan sekolah pilot. Besaran gaji pilot second officer diperkirakan Rp15-20 juta per bulan. 

 

2. First officer (FO) atau Co-Pilot

Tugas Co-pilot adalah mendampingi kapten pilot dalam penerbangan. Co-pilot ini duduk tepat di samping kapten. Untuk gaji pilot dengan posisi Co-pilot yaitu kisaran Rp30-40 juta per bulannya.

 

3. Captain Pilot

Captain inilah jabatan tertinggi di jenjang karier penerbangan. Captain/ kapten lah yang bertanggung jawab selama penerbangan. Gaji pilot yang menempati jabatan captain/ kapten di Indonesia yaitu sebesar Rp45-50 juta per bulan tergantung maskapai penerbangan tempat bekerja.

 

Pilot Lion Air disebutkan memiliki gaji sebesar Rp45 juta. Gaji pilot Garuda Indonesia sebesar 47,7 juta per bulan, sama dengan gaji pilot maskapai Sriwijaya Air, AirAsia, Citilink dan lainnya.

 

Nilai ini diketahui tidak jauh beda dengan gaji pilot di negara lain. Di Amerika Serikat, gaji pilot domestik sekitar USD1.500-3.750 per bulan atau Rp22,2 juta-Rp55,6 juta perbulan. Setara dengan Rp296 juta- Rp593 juta per tahunnya.

 

Untuk gaji pilot yang disebut-sebut hingga Rp70 juta merupakan gaji captain yang telah memiliki ribuan jam terbang. Untuk gaji pilot pada umumnya di Indonesia kisaran dari Rp15-Rp50 juta tergantung posisi jabatan yang dipegang.

 

Demikianlah informasi mengenai gaji pilot yang mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan. Semakin tinggi dan lama karier pilot tentunya akan semakin tinggi gaji pilot.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut