Logo Network
Network

Waspada! Kasus Cacar Monyet di Indonesia Ditemukan, Pria 27 Tahun Asal DKI Positif Monkey Pox

Kevi Laras
.
Sabtu, 20 Agustus 2022 | 19:32 WIB
Waspada! Kasus Cacar Monyet di Indonesia Ditemukan, Pria 27 Tahun Asal DKI Positif Monkey Pox
Juru bicara Kemenkes RI umumkan kasus cacar monyet pertama di Indonesia. (Foto: YouTube Kemenkes RI)

JAKARTA, iNews.id - Seorang pria berusia 27 tahun asal DKI Jakarta disebut dalam keterangan Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril terkena  monkeypox atau cacar monyet.

Dijelaskannya, pasien pada 8 Agustus 2022 baru pulang dari perjalanan luar negeri. Namun sayangnya negara yang dikunjungi tidak disebutkan oleh dr. Syahril.

"Diketahui 1 terkonfirmasi positif monkeypox. Konfirmasinya tadi malam dari DKI Jakarta," ujar dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes disiarkan secara langsung di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (20/8/2022).

Pria tersebut dinyatakan positif pada Jumat (19/8/2022) malam, setelah dilakukan pemeriksaan tes swab PCR. Dalam penjelasannya, Syahril mengatakan pria itu hanya mengalami gejala ringan.

Sehingga tidak diperlukan perawatan khusus di ruang ICU atau Rumah Sakit. Bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di Rumah.

"Dalam hitungan dua hari setelah cek PCR tadi malam hasilnya keluar ternyata positif dan bergejala ringan. Sehingga tidak perlu diisolasi di ICU atau rumah sakit cukup isoman di rumah,"imbuh dr Syahril

Sehubungan dengan cacar monyet, Syahril menegaskan penularan tidak spesifik hanya menyerang kelompok -kelompok tertentu. Cacar monyet, dikatakan berpotensi menular jika adanya kontak erat dengan seseorang yang positif.

"Jadi Cacar Monyet ini tidak menyerang kelompok-kelompok tertentu ya. Jadi semua orang yang memiliki kontak erat memiliki potensi besar penularan atau terinfeksi," jelas dr Syahril.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini