get app
inews
Aa Read Next : Pandi Kritisi Disdik Kabupaten Cirebon yang Belum Serius Urusi Fisik Sekolah Rusak

Daerah Zona Hijau Diperbolehkan KBM Tatap Muka

Selasa, 08 Juni 2021 | 08:34 WIB
header img
Foto Ilustrasi Sekolah Tatap Muka

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah membuka opsi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, pada tahun ajaran baru Juli 2021 ini. Namun, hanya zona hijau yang kasus Covid-19 terkendali boleh membuka sekolah.

Direktur SMP Kemendikbud, Mulyatsyah mengatakan opsi PTM pada tahun kedua pandemi Covid-19 ini harus tetap dibuka. Para siswa dan orangtua memiliki pilihan lain, selain Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), yang telah dilaksanakan setahun terakhir.

"Sesuai SKB 3 Menteri, mulai dari periode Maret sampai Juni 2020, pada SKB yang pertama itu seluruh zona, merah, hijau dan semua tidak diberlakukan pembelajaran tatap muka," katanya, saat zoom meeting, Senin (7/7/2021). 

Dengan demikian, sejak itu seluruh siswa melaksanakan PJJ. Namun, pada 15 Juli sampai 7 Agustus 2020, PTM mulai dibolehkan secara terbatas, hanya untuk wilayah zona hijau saja. Sedang wilayah zona lainnya tetap PJJ. 

"Kemudian, pada Agustus akhir sampai Desember 2020, kita lakukan pengkajian kembali dan penyesuaian PTM dapat dilakukan dengan syarat tertentu, baik pada zona hijau, dan kuning," tuturnya. 

Sedang wilayah yang masuk zona orange dan merah, tetap melanjutkan belajar dari rumah sesuai dengan opsi pertama, yakni PJJ. Memasuki Januari 2021, Kemendikbud melakukan kajian PJJ dan PTM terbatas yang telah dijalankan. 

"Terakhir, pada Januari 2021 sampai sekarang, dari hasil kajian yang dilakukan oleh Kemendikbud seiring dengan perkembangan fluktuasi pandemi Covid-19, ternyata terjadi dampak pada anak-anak," katanya. 

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut