get app
inews
Aa Read Next : BAGEUR Membantu Pemerintah dalam Peningkatan Pemahaman Literasi Kurikulum Merdeka

SDN di Kabupaten Cirebon ini Hanya Kebagian 1 Siswa

Selasa, 19 Juli 2022 | 22:10 WIB
header img
Salah satu SDN di Kabupaten Cirebon, hanya mendapatkan 1 siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 ini. (Foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Salah satu SDN di Kabupaten Cirebon, hanya mendapatkan 1 siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 ini. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon, H Ronianto.

Meskipun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat sekolah dasar di Kabupaten Cirebon masih terus dibuka hingga 31 Agustus 2022. Sampai dengan hari kedua masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) sekolah tersebut belum menerima peserta didik baru lainnya.

Ronianto mengatakan dari pantuan yang dilakukan oleh pihaknya mendapatkan satu siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Trusmi Wetan 2, Desa Trusmi Wetan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

"Hanya SDN Trusmi Wetan 2 saja yang tidak memenuhi kuota. Rencana SDN Trusmi Wetan 2 akan di marger di tahun ini, tepatnya pada bulan Desember," kata Ronianto kepada wartawan, Selasa (19/7/2022).

Oleh karena itu, pihaknya akan memindahkan satu orang siswa tersebut ke SDN terdekat, agar dapat efektif menerima pelajaran dalam menempuh pendidikan ditingkat sekolah dasar. 

"Yang mengajarnya (guru) akan dipindahkan ke sekolah lainnya. Di kita rata-rata guru itu adalah dari tenaga honorer," terang Roni. 

Masih kata dia, meskipun tidak ada pembatasan kuota terhadap penerimaan siswa baru di tingkat sekolah dasar. Namun dipastikan sebagian besar sekolah tingkat dasar yang tersebar di wilayah Kabupaten Cirebon secara daya tampung sudah dapat dikatakan memenuhi.

"Nah kenapa di SDN Trusmi Wetan 2 itu hanya satu siswa, penyebabnya di situ ada 3 SDN. Tapi di mana kita kembalikan kepada orang tua, dan kebanyakan orang tua memilih sekolah yang terbaik untuk anaknya," ungkapnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut