get app
inews
Aa Read Next : IAI Kabupaten Cirebon Edukasi Penggunaan Obat Selama Ramadhan

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker, Segera Kenali Gejalanya Sebelum Panik

Selasa, 19 Juli 2022 | 15:50 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

KAUM Hawa pastilah sangat menjaga keindahan dan kesehatan payudaranya sehingga jika timbul sedikit saja benjolan akan membuat panik. Kecurigaan paling besar jika terjadi benjolan pada payudara adalah kanker. Namun jangan panik dulu, ternyata benjolan yang biasa muncul di area payudara bukan semuanya mesti dicurigai kanker. 

Spesialis Bedah Onkologi RS Medistra dr Sonar Soni Panigoro SpB(K)Onk mengatakan, ketika ada benjolan di payudara, 80 persen bukan tanda-tanda kanker. Biasanya itu salah satu bentuk tumor jinak yang tidak berbahaya.

"Bedainnya kalau tumor jinak tumbuh seperti kantung dan kelihatan bagus bentuk benjolannya. Kalau diraba seperti kelereng dan membesarnya di daerah situ saja. Kalau kanker tidak begitu," ujar dr Sonar dalam Talkshow Peringatan Hari Kanker Sedunia bersama Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dan Indonesia Cancer Care Community (ICCC).

Bejolan yang bukan kanker biasanya disebabkan karena kista, peradangan atau infeksi, serta mastitis pada ibu menyusui. Jika benjolan itu dicurigai kanker, sebut dr Sonar, biasanya kondisinya sudah tidak bagus. Benjolannya juga bisa menempel ke otot dan muncul bahaya lanjut.

Dokter Sonar menjelaskan, jika wanita atau pria terkena kanker payudara, ciri-cirinya adalah terjadi perubahan bentuk dan ukuran payudara, adanya rasa sakit di puting dan mengeluarkan cairan bening, cokelat atau kuning, bengkak di daerah ketiak, tiba-tiba memerah sampai kulit berubah mirip kulit jeruk.

Kalau memang penasaran saat Anda mendapati benjolan tumor jinak terebut, lebih baik periksa ke dokter untuk di USG. Hasilnya bakal ketahuan dan dokter memberikan tindakan cepat.

"Tindakannya tidak harus langsung bedah, biasanya diresepkan antibiotik untuk menghilangkan benjolannya, apalagi kalau diameternya kecil," tutur dr Sonar.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut