get app
inews
Aa Read Next : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2023

Kelurahan Kesenden Wakili Kota Cirebon, Dalam Ajang Proklim se Indonesia

Rabu, 13 Juli 2022 | 14:59 WIB
header img
Green House Nusa Indah yang Dimiliki RW 04 Kelurahan Kesenden Kota Cirebon ( Foto : Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id – RW 04 Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan kini mewakili Kota Cirebon dalam ajang Program Kampung Iklim (Proklim) se-Indonesia yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK) RI. Rencananya dalam waktu dekat akan ada verifikasi yang dilakukan oleh tim dari KLHK.

Lurah Kesenden, Ruliyanto SSTP mengungkapkan, keberhasilan RW 04 Kelurahan Kesenden untuk lolos sebagai peserta yang akan diverifikasi sebagai Proklim tersebut patut disyukuri oleh semua pihak. Pasalnya, di Kota Cirebon hanya Kelurahan Kesenden yang mewakili dalam ajang dari KLHK itu. 

“Kami bersyukur bisa lolos untuk diverifikasi dari tim KLHK yang juga akan melakukan rechecking di Bulan Juli 2022 hingga minggu ke-4 di bulan Agustus 2022. Untuk jadwal tetapnya kami masih menunggu dari KLHK,” ujar Ruliyanto.

Menurutnya juga, RW 04 Kelurahan Kesenden dari total 439 peserta se-Indonesia yang terverifikasi, pihkanya berada di urutan ke-65 dengan kategori Proklim Utama. Nantinya, pihaknya akan melihat hasil re-checking dari KLHK.

“Ini suatu pencapaian bagi kami dari Kelurahan Kesenden. Artinya bisa menunjukan di tingkat nasional. Kami menjadi kelurahan satu-satunya yang mewakili Kota Cirebon. Tentu hal ini sejalan dengan visi misi program Walikota-Wakil Walikota Cirebon,” tegasnya.

Untuk itu, ia mencoba untuk mengimplementasikan program yang ada kepada masyarakat hingga tingkatan RW setempat. Sehingga, manifestasi Proklim ini bisa terus berlanjut. “Alhamdulilah kita bisa mewujudkan itu. Dan mudah-mudahan ini menjadi kado Hari Jadi Cirebon ke-653,” lanjutnya.

Ruliyanto juga menjelaskan beberapa program yang ditonjolkan di Kelurahan Kesenden diantaranya adalah program pengelolaan sampah terintegrasi yang dilengkapi dengan Green House, Baperkam Mart, hingga Aktivasi kader.

“Supporting dari pelaku usaha, masyarakat, dinas, dan stakeholder terkait juga luar biasa. Saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya,” terangnya.

Ke depan, pihaknya sudah membuat perencanaan dengan menata serta melengkapi administrasi yang dirasa perlu dilengkapi. Sehingga, tim re-checking dari KLHK datang, pihaknya bisa menunjukan performa maksimal.

“Mudah-mudahan dari performa maksimal itu bisa memperoleh hasil yang memuaskan dan menjadi yang terbaik,” tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut