Logo Network
Network

Terbongkar Strategi Usaha Dibalik Alfamart dan Indomaret yang Menjamur Berdekatan

Asthesia Dhea Cantika
.
Jum'at, 01 Juli 2022 | 07:53 WIB
Terbongkar Strategi Usaha Dibalik Alfamart dan Indomaret yang Menjamur Berdekatan
Alasan mengapa lokasi Alfamart dan Indomaret berdekatan (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Semua orang pasti menyadari jika Indomaret dan Alfamart berlokasi selalu berdekatan, padhal memiliki banyak produk yang sama.

Lantas, apa alasan lokasi indomaret dan alfamart selalu berdekatan padahal produknya sama saja? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

1. Menarik Pasar Lebih Luas

Strategi marketing menjadi alasan utama di balik 'fenomena' ini. Kedua gerai tentu retail memiliki tujuan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Sehingga keduanya memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory. Hotelling Theory merupakan teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya.

Teori ini memiliki fokus pada pemilihan lokasi dengan presentasi keuntungannya sudah pasti 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen.

2. Hemat Dana Riset

Alasan lain lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan juga tak lain tak bukan untuk menghemat dana riset. Diketahui, jika salah satu gerai dibangun di lokasi tertentu, maka dapat dipastikan potensi pasarnya sudah bagus dan lolos uji kelayakan bisnis. Hal ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha waralaba atau retail minimarket.

BACA JUGA:

Tipu Pujaan Hati Puluhan Juta, Polsi Bekuk TNI Gadungan di Cirebon

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini