get app
inews
Aa Read Next : Tangkap Potensi Industri Properti di Cirebon, BTN Relokasi Kantor Cabang

Terbongkar Strategi Usaha Dibalik Alfamart dan Indomaret yang Menjamur Berdekatan

Jum'at, 01 Juli 2022 | 07:53 WIB
header img
Alasan mengapa lokasi Alfamart dan Indomaret berdekatan (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Semua orang pasti menyadari jika Indomaret dan Alfamart berlokasi selalu berdekatan, padhal memiliki banyak produk yang sama.

Lantas, apa alasan lokasi indomaret dan alfamart selalu berdekatan padahal produknya sama saja? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

1. Menarik Pasar Lebih Luas

Strategi marketing menjadi alasan utama di balik 'fenomena' ini. Kedua gerai tentu retail memiliki tujuan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Sehingga keduanya memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory. Hotelling Theory merupakan teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya.

Teori ini memiliki fokus pada pemilihan lokasi dengan presentasi keuntungannya sudah pasti 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen.

2. Hemat Dana Riset

Alasan lain lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan juga tak lain tak bukan untuk menghemat dana riset. Diketahui, jika salah satu gerai dibangun di lokasi tertentu, maka dapat dipastikan potensi pasarnya sudah bagus dan lolos uji kelayakan bisnis. Hal ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha waralaba atau retail minimarket.

BACA JUGA:

Tipu Pujaan Hati Puluhan Juta, Polsi Bekuk TNI Gadungan di Cirebon

3. Memiliki Keunggulan yang Berbeda

Di mata konsumen, Indomaret dan Alfamart mungkin tampak selayaknya saudara kandung yang memiliki banyak persamaan. Akan tetapi, keduanya memiliki keunggulan masing-masing, seperti mengusung keunggulan dari segi harga lebih murah, kapasitas toko lebih luas, pelayanan lebih ramah atau kenyamanan suasana.

4. Membangun Kesan Konsumen

Saat konsumen datang ke salah satu minimarket, maka para karyawan bertugas untuk membangun persepsi positif kepada pelanggan agar mau datang kembali ke gerai mereka. Sama halnya dengan kedua minimarket ini, masing-masing gerai akan menunjukkan keunggulannya tersendiri untuk memikat hati pelanggan.

Demikian alasan mengapa lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan padahal produknya sama saja.

BACA JUGA:

Jangan Kaget! Tarif Listrik Naik Hari Ini, Cek Daftarnya

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut