get app
inews
Aa Read Next : Ini Wanita Pemberani yang Terjun ke Medan Perang Barsama Pangeran Diponogoro

Boleh Menikahi Sesama Jenis, Putri Amalia Tetap Jadi Ratu Belanda

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:18 WIB
header img
Putri Cahtarina-Amalia bersama ayahnya, Raja Belanda Willem-Alexander (Foto : dok.Instagram @princess.catharinaamalia)

BELANDA, iNews.id - Catharina-Amalia, Putri Oranye adalah pewaris jelas Kerajaan Belanda, Curaçao, Aruba, dan Sint Maarten. Gelarnya dalah Yang Mulia Putri Oranye, Putri Belanda, Putri Oranye-Nassau. Putri kelahiran 7 Desember 2003 di HMC Bronovo Den Haag Belanda merupakan anak tertua Raja Willem-Alexander, belakangan ini menjadi sorotan dunia karena keinginannya untuk menikah dengan sesama jenis

Pernikahan sesama jenis telah sah di Belanda sejak tahun 2001 tetapi selalu diasumsikan bahwa itu tidak dapat diterapkan pada putri mahkota karena harus ada pewaris takhta di Kerajaan Belanda.

Dilansir The Washington Post, Selasa (12/10/2021), Perdana Menteri (PM) sementara Mark Rutte menjelaskan bahwa raja atau ratu mana pun juga dapat menikahi orang yang berjenis kelamin sama.

Rutte mengatakan itu semua tentang "situasi teoretis" tetapi ratu berikutnya bisa menikahi seorang wanita.

"Oleh karena itu kabinet tidak melihat bahwa pewaris takhta atau raja harus turun tahta jika dia ingin menikah dengan pasangan yang berjenis kelamin sama," jelasnya.

Meskipun kabinet menjelaskan bahwa pernikahan sesama jenis dimungkinkan, yang tidak diketahui adalah apa yang akan terjadi pada suksesi jika ada anak yang lahir dari pernikahan kerajaan sesama jenis, misalnya melalui adopsi atau donor sperma.

"Ini sangat rumit. Konstitusi Belanda menyatakan bahwa raja atau ratu hanya dapat digantikan oleh keturunan yang sah,” lanjutnya.

Rutte mengatakan bahwa itu murni teoretis pada tahap ini tetapi itu akan tergantung pada parlemen, yang harus memberikan persetujuan untuk pernikahan kerajaan.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut