get app
inews
Aa Read Next : Anthony Ginting Juara Hylo Open 2022 di Jerman Usai Libas Wakil Taiwan Chou Tien Chen

Deretan Pebulu Tangkis dengan Smash Tercepat, Nomor 5 Daniel Marthin Salip Legenda Malaysia

Kamis, 23 Juni 2022 | 06:17 WIB
header img
Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin akan melawan wakil China di Korea Masters 2022 hari ini. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Ada 7 pebulu tangkis dengan smash tercepat. Salah satunya merupakan atlet muda Indonesia yang sukses melampaui rekor legenda.

Smash adalah salah satu pukulan paling mematikan di dunia bulu tangkis. Dalam mencuri poin, smash bisa menjadi skill penting di sebuah pertandingan.

Ada sejumlah nama pebulu tangkis yang dianggap memiliki smash tercepat. Bahkan salah satunya adalah atlet muda Indonesia yang belum lama ini memecahkan rekor legenda dunia.

Berikut 7 pebulu tangkis dengan smash tercepat:

1. Lin Dan (China)

Menurut laporan dari BWF, Lin Dan memang termasuk lima pebulu tangkis dengan smash yang amat cepat. Dia tepatnya pernah mencatatkan smash dengan kecepatan 401 km/jam saat tampil di Jepang Open 2015.

Sebenarnya tak heran jika atlet yang sudah pensiun itu mampu berada di lima besar. Pasalnya, Lin Dan terkenal sebagai salah satu tunggal terbaik yang pernah ada di dunia bulu tangkis.

2. Viktor Axelsen (Denmark)

Tunggal putra peringkat dua dunia saat ini, Viktor Axelsen dikenal memiliki kemampuan bermain yang luar biasa. Dengan postur tubuhnya yang tinggi, smash memang menjadi salah satu senjata andalan pemain asal Denmark tersebut.

Tak heran jika pada akhirnya Axelsen sempat melepaskan pukulan smash yang amat mematikan. Axelsen sanggup mencapai kecepatan pukulan 404 km/jam dalam Jepang Open 2015.

3. Jan O Jorgensen (Denmark)

Denmark selalu memiliki atlet-atlet bulu tangkis yang berbakat. Jika dalam daftar sebelumnya ada Axelsen, maka kali ini giliran Jorgensen yang mampu menciptakan pukulan smash yang sangat kuat.
Saking kuatnya, smash milik Jorgensen pernah mencapai 407 km/jam yang dibukukannya saat mentas di semifinal Malaysia Open 2016. Kala itu Jorgensen melakukan pukulan mematikan saat melawan wakil Malaysia, Lee Chong Wei.

4. Lee Chong Wei (Malaysia)

Lee Chong Wei adalah tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki Malaysia dan bahkan mungkin dunia. Hal itu dapat dibuktikan dengan berbagai gelar yang pernah diraihnya saat masih aktif menjadi pebulu tangkis profesional, termasuk tiga gelar juara dunia dan medali perak Olimpiade.

Smash keras Lee Chong Wei terjadi saat dirinya tampil di Hong Kong Open 2015. Kala itu Lee Chong Wei yang absen sejak 2014 karena kasus doping membuat sebuah comeback epic lantaran sanggup memenangkan turnamen tersebut.

Tidak hanya menang, di satu laga Lee Chong Wei bahkan mampu melesatkan smash dengan kecepatan 408 km/jam. Saat itu, pukulan 408 km/jam menjadi smash tercepat di dunia.

5. Daniel Marthin (Indonesia)

Sejak 2015, pebulu tangkis dengan smash terkuat jatuh kepada Lee Chong Wei. Kendati begitu, rekor legenda bulu tangkis asal Malaysia itu pada akhirnya mampu dilampaui Daniel Marthin.
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia berhasil menjadi pemilik smash tercepat di dunia usai memiliki kecepatan pukulan 415 km/jam di final Hylo Open 2021.

Menjadi catatan penting, saat itu Daniel masih berusia 20 tahun dan melawan ganda putra terbaik dunia yang merupakan seniornya sendiri, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Menurut BWF, pukulan Daniel kini menjadi smash tercepat di dunia versi Federasi Bulu Tangkis Dunia tersebut. Tentunya suatu kebanggaan karena wakil Indonesia kini menjadi pebulu tangkis dengan pukulan smash tercepat.

Daniel sendiri bersama rekannya, Leo Rolly Carnando memang merupakan jagoan baru Tanah Air di sektor ganda putra.

6. Tan Boon Heong (Malaysia)

Mantan ganda putra Malaysia, Tan Boon Heong kerap dijuluki si raja smash. Tak heran karena dia memiliki smash keras nan cepat. Pada Japan Open 2009, Tan pernah masuk Guinness Book of World Records. Dia melepaskan smash sampai kecepatan 421 km/jam.

Mengutip Badminton Doubles, Sayangnya catatan ini hanya direkam Yonex, perusahaan peralatan olahraga asal Jepang. Pasalnya Tan melakukannya tidak saat bertanding, melainkan dalam sebuah uji coba raket baru buatan Yonex dalam ajang itu.

7. Mads Pieter Kolding (Denmark)

Ganda putra Denmnark, Mads Pieter Kolding juga masuk dalam jejeran pebulu tangkis yang pernah melepaskan smash tercepat. Dikutip dari Djarumbandminton, Kolding melakukannya pada ajang India Premier Badminton League.

Saat itu, sosok berpostur 205 centimeter itu melepaskan smash 426 km/jam. Sayangnya, rekor tersebut tidak dicatat BWF. Alasannya, BWF tidak mencantumkan Premier Badminton League sebagai turnamen resmi mereka.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut