Justin Bieber Menderita Sindrom Ramsay Hunt, Apakah Sangat Berbahaya?

Muhammad Sukardi
Justin Bieber menderita sindrom ramsay hunt. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Justin Bieber didiagnosa Sindrom Ramsay Hunt. Diketahui, virus itu sama dengan cacar air yakni virus varicella zoster. 

"Sindrom Ramsay Hunt terjadi ketika virus varicella zoster menginfeksi saraf wajah di dekat salah sari telinga pasien. Sindrom ini tak hanya menyebabkan ruam di telinga, tapi juga kelumpuhan wajah hingga gangguan pendengaran," tulis keterangan di laman The Hill, dikutip MNC Portal, Senin (13/6/2022). 

Bieber pun menjelaskan kalau dirinya sakit akibat suatu virus yang menyerang saraf di telinga dan wajahnya. Karena virus itu, matanya tak bisa berkedip, wajahnya tak bisa tersenyum, dan hidungnya tak bisa bergerak. 

"Terjadi kelumpuhan total di salah satu sisi wajah saya," kata Bieber di video Instagram yang diunggahnya bebepa waktu lalu.

Untuk menangani masalah tersebut, Bieber bercerita kalau sekarang dirinya tengah menjalani terapi wajah untuk bisa mengaktifkan lagi saraf di sisi wajahnya yang lumpuh.

"Saya harus istirahat agar bisa mengembalikan wajah saya ke keadaan semula," kata Bieber. 

Diterangkan di laman Latestly, penamaan penyakit Sindrom Ramsay Hunt karena virus ini ditemukan pertama kali oleh ahli saraf bernama James Ramsay Hunt yang juga dikenal dengan istilah herpes zoster oticus.

Seseorang bisa terinfeksi Sindrom Ramsay Hunt karena virus cacar air yang pernah menyerang tubuh bertahan dan kemudian menyerang saraf di telinga dan wajah.

"Virus menyerang saraf setelah lama tidur setelah menyebabkan cacar air," tulis National Organization for Rare Disorder Amerika Serikat.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network