Massa Dua Kubu Saling Bersebrangan Gelar Aksi Unjuk Rasa

Riant Subekti
Dua aksi demo yang saling bertentangan menggelar aksinya di depan Balaikota Cirebon (Foto: Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id - Ratusan orang yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) se- Ciayumajakuning melakukan aksi unjak rasa mengecam pernyataan menteri agama Yakut Cholil Qoumas di depan Balaikota Cirebon, Selasa (1/2/2022).

Sejumlah peserta membentangkan spanduk yang berisikan agar menteri agama Republik Indonesia mengundurkan diri atau dipecat Presiden Republik Indonesia atas pernyataanya terkait aturan pengeras suara masjid.

Menurut pengunjuk rasa, menteri agama dalam pernyataanya menyamakan suara adzan dengan gonggongan anjing.

Koordinator pengunjuk rasa Ustad Almarwi menyampaikan dalam aksinya mengecam pernyataan menteri agama yang telah melukai hati umat Islam karena menyamakan suara adzan dengan gonggongan anjing.

"Minta Yakut Cholil dipecat dari menteri agama dan dihukum seadil-adilnya atas pernyataanya tersebut," ujarnya.

Sementara itu hanya berselang 15 menit, gelombang aksi demo tandingan dilakukan oleh Barisan Ansor Serba Guna (Banser) juga digelar di depan Balaikota Cirebon.

Ratusan massa Banser juga melakukan aksi jalan kaki dari masjid Ataqwa menuju Balaikota Cirebon untuk melakukan orasi mendukung menteri agama Yakut Cholil Qoumas.

Menurut mereka pernyataan menteri agama sudah dipelintir oleh sekelompok intoleransi yang membuat gaduh dan perpecahan umat islam di Indonesia.

Dalam aksi demonstrasi yang dilakukan dua element masyrakat tersebut berjalan damai dijaga ketat aparat Kepolisian Polres Cirebon Kota Polda Jabar.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network