Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

Riant Subekti
Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung. FOTO : Istimewa

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Suasana hangat dan santai menyertai pertemuan Bakal Calon Wali Kota Cirebon Suhendrik dengan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) pada Minggu (5/5/2024) . 

Dalam pertemuan yang berlangsung di Bandung tersebut, Suhendrik dan RK duduk berhadapan. Keduanya berdiskusi mengenai banyak hal. Diantaranya kemiripan antara Kota Cirebon dengan Kota Bandung. Mereka percaya bila dikelola dengan baik, Kota Cirebon bisa mengikuti kemajuan yang dialami Kota Bandung. 

Lewat diskusi yang berlangsung lebih kurang dua jam itu, Suhendrik bertukar pikiran dengan RK. Sebagai tokoh yang sudah berhasil memimpin Kota Bandung dan Jawa Barat satu dekade belakangan, Suhendrik mendengar secara langsung masukkan, pesan, dan saran dari RK.

”Kami ngobrol santai. Banyak hal disampaikan oleh Kang RK sebagai sosok yang dituakan. Alhamdulillah, beberapa diantaranya selaras dengan spirit Wis Cerbon Bae yang saya bawa,” ungkap dia. 

Wis Cerbon Bae merupakan visi yang digagas oleh Suhendrik sebagai jawaban kebutuhan dan persoalan Kota Cirebon. Misal, Ning Cerbon Bae yang fokus pada sektor wisata, Cerbon Sadean untuk membantu UMKM, dan Cerbon Sesarengan pendongkrak pendapatan asli daerah. Program itu juga diyakini mampu menggelorakan local pride (kebanggaan daerah) masyarakat Kota Cirebon.

”Kang RK menyampaikan bahwa Kota Cirebon dan Bandung sebagai kota punya banyak kemiripan,” imbuhnya. 

Menurut tokoh Sunda yang akrab dipanggil Kang Emil itu, salah satu kemiripan Kota Kembang dan Kota Udang adalah mengandalkan perdagangan dan jasa (trade and services) sebagai tulang punggung ekonomi kedua daerah tersebut. Untuk memastikan potensi bidang perdagangan dan jasa di Kota Cirebon benar-benar maksimal, perlu dilakukan terobosan.

Menurut Suhendrik, terobosan itu sudah ada dalam visi Wis Cerbon Bae. ”Menjadi langkah konkret untuk memaksimalkan potensi Kota Cirebon,” kata Suhendrik.

Tokoh muda kelahiran Katiasa, Harjamukti, Kota Cirebon itu yakin, potensi daerahnya bisa dimaksimalkan. Bukan hanya untuk mendongkrak ekonomi, potensi tersebut bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, setelah RK memberi restu kepada Suhendrik untuk mengadopsi program-program yang sudah dilakukan di Kota Bandung.

”Kami yakin Kota Cirebon bisa seperti Kota Bandung. Ekonominya meningkat pesat, infrastrukturnya semakin baik. Ruang publik, ruang terbuka, dan ruang hijaunya ada dimana-mana,” terang alumni SMAN 6 Cirebon itu. 

Editor : Miftahudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network