15 Tips agar Online Shop Ramai, Dijamin Langsung Kebanjiran Pembeli

Wafa Amatullah/Mg6
Ilustrasi online shop. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Tips agar online shop ramai ini berguna buat kamu yang sedang atau akan memulai usaha secara online. Tak sedikit masyarakat yang ingin memulai jualan online di berbagai platform atau e-commerce. Sebab, peluang jualan online cukup menjanjikan dengan modal yang tak terlalu banyak.

Meski terlihat sederhana, berjualan online nyatanya memiliki berbagai tantangan. Oleh sebab itu, butuh persiapan dan perencanaan yang matang. Ikuti tips dan trik berikut ini agar online shop kamu selalu ramai pembeli.

15 Tips agar Online Shop Ramai

1. Tentukan Jenis Toko dan Target Pasar 

Tips agar online shop ramai pertama yaitu sebelum membuka toko online, kamu harus menentukan jenis toko online apa yang akan kamu buat, barang yang akan dijual, target pasar, kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan tokomu, metode apa saja yang kamu sediakan untuk pembeli, dan yang paling penting di mana saja pembeli bisa menemukan produk yang kamu jual. 

Mulailah secara perlahan dan bertahap sambil membangun kepercayaan konsumen.

2. Bergabung ke Marketplace atau Bikin Website Sendiri 

Bergabunglah ke marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lainnya agar produkmu semakin banyak dilihat orang. 

Marketplace ini ada yang berbayar ada juga yang gratis, pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan budget kamu. Membuat toko online juga bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan penyedia website gratis atau membayar jasa web developer dan membeli nama domain sendiri.

3. Lengkapi Informasi Produk yang Kamu Jual 
 
Informasi yang lengkap sangat membantu konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Kamu bisa mencantumkan spesifikasi produk, lalu kontak lengkapmu termasuk email, nomor yang dapat dihubungi, dan lain-lain.

4. Menjual Produk yang Unik 

Dalam sebuah platform, biasanya akan ada banyak kompetitor yang menjual produk serupa. Maka dari itu, usahakan produk yang akan dijual memiliki keunikan yang tidak dimiliki para kompetitor. Selain unik, produk yang kamu jual akan terjual dengan cepat jika sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

5. Foto Produk Secara Profesional 

Namanya belanja online, hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli adalah foto produk. Perlihatkan produk yang dijual, jangan pernah pakai foto dengan resolusi rendah yang buram dan pecah. Profesional disini, kamu tidak perlu memotret dengan menggunakan jasa fotografer profesional, yang penting kualitas fotonya cukup bagus untuk dilihat.

6. Gunakan Model 

Adanya model terbukti dapat meningkatkan nilai jual dalam iklan. Tidak perlu model yang mahal dan terkenal, bisa juga teman, keluarga atau kenalan kamu, yang penting wajahnya fotogenik dan bisa mewakili produk yang diiklankan.

7. Gunakan Akun Media Sosial sebagai Channel Pemasaran  

Buat akun media sosial untuk membantu pemasaran produk yang kamu jual. Hal ini penting mengingat pengguna media sosial di Indonesia besar sekali, terutama Facebook, Instagram dan Twitter. Semakin banyak channel yang bisa diakses oleh calon pembeli, semakin banyak pula pengunjung tokomu. 

8. Perbanyak Konten 

Ketika menjual sebuah produk, kamu harus melakukan promosi. Salah satu teknik promosi yang bisa diterapkan adalah pembuatan konten yang relevan, menarik, penting dan bermanfaat. Semakin bermanfaat konten yang dibuat, keuntungan yang didapat juga akan semakin besar. Upload konten secara rutin agar jangkauan bisnis jadi lebih luas.

9. Pakai Strategi SEO 

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah strategi sistematis untuk menempatkan website atau blog produk berada di puncak mesin pencari. Strategi SEO dapat meningkatkan penjualan dan mengubah pengunjung pasif menjadi pelanggan. Jika ingin mempraktekkan strategi ini, lakukan riset kata kunci yang mengarah pada produk Anda.

10. Pasang Iklan di Media Sosial

Tips agar online shop ramai berikutnya memasang iklan di media sosial, yang mampu meningkatkan brand awareness dan penjualan. Hal itu karena konten iklan akan ditampilkan kepada pengguna yang sesuai dengan target pasar.

Tidak hanya target pasar dari dalam negeri, melainkan secara global. Iklan di media sosial juga akan membuka komunikasi dengan pembeli melalui komentar atau pesan di media sosial.

11. Jangan Melakukan Spam 

Semakin sering kamu melakukan spam dan memposting iklan produk jualanmu di media sosial dan media-media lain, semakin banyak pula orang yang merasa terganggu sehingga enggan untuk mengunjungi tokomu, akibat fatalnya mereka akan memblokir tokomu. 

12. Ramah terhadap Pembeli 

Meski tidak bertemu langsung, kamu harus tetap bersikap ramah kepada pembeli. Sebab, keramahan penjual juga menjadi penilaian para pembeli. Beri pelayanan yang terbaik seperti . membalas pesan dengan cepat, memanggil dengan sebutan yang sopan, dan memberi informasi yang jelas terkait produk.
 
13. Memberi Diskon kepada Pelanggan 

Semua orang pasti menyukai diskon saat berbelanja. Tak heran, diskon masih menjadi strategi pemasaran yang efektif sampai saat ini. Pemberian diskon berguna untuk meningkatkan penjualan sekaligus loyalitas pelanggan. Namun sebelum melakukan pemotongan harga, periksa struktur keuangan terlebih dahulu untuk menghindari kerugian.

14. Gabung dengan Layanan Mesin Pencari Belanja 

Mesin Pencari Belanja (Shopping Search Engine) seperti Priceza akan membantu kamu mendapatkan pembeli yang nyata. Mereka bisa cek dan membandingkan harga dan jika produk yang kamu jual muncul, mereka akan klik dan langsung menuju toko onlinemu.

15. Evaluasi Bisnis 

Tips agar online shop ramai yang terakhir yaitu melakukan evaluasi bisnis secara rutin untuk mengetahui pencapaian selama berjualan online. Sebuah bisnis dinilai berhasil jika dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan. 

Hal-hal yang dievaluasi adalah kinerja, laporan keuangan, produk, layanan dan kepuasan pelanggan. Dengan evaluasi, kamu bisa memperbaiki atau meningkatkan strategi pemasaran.

Begitulah tips agar online shop ramai yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat. 
 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network