Italia Juara EURO 2020, Tangan Dingin Mancini Hasilkan Gelar

Ibnu Haryanto
Roberto Mancini usai mengantar Italia juara Euro 2020 (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Timnas Italia menjadi juara Euro 2020. Kesuksesan Italia itu tak lepas dari dingin Roberto Mancini.

Italia berhasil mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti dengan skor 3-2 di Stadion Wembley, Inggris Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Italia sebenarnya tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Luke Shaw menit ke-2.

Kemudian Leonardo Bonucci mengembalikan asa Gli Azzurri berkat gol penyeimbang di babak kedua. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak tambahan.

Pada laga adu penalti, Italia menunjukkan kelasnya. Kiper Italia Gianluigi Donnarumma menjadi bintang usai menepis dua penendang Inggris dan mengantar Gli Azurri menang 3-2.

Sejak menangani Timnas Italia tahun 2018, Mancini memang membawa perubahan besar. Salah satu yang menonjol dari segi permainan. 

Italia banyak dikenal sebagai tim kuat dalam bertahan atau dikenal Catenacio. Lalu di era Mancini ideologi leluhur itu disempurnakan dengan formasi 4-3-3.

Italia era Mancini tampil lebih kreatif dan agresif. Hal itu terbukti di Euro 2020, Italia mencetak 13 gol. Torehan ini merupakan jumlah gol terbanyak Italia sepanjang keikutsertaannnya di Piala Dunia atau Euro.

Selain itu, pria yang dulu bermain di posisi gelandang ini kerap membuat gebrakan dengan memanggil pemain-pemain muda di skuadnya. Pada gelaran Euro 2020, pemain muda banyak mengisi posisi-posisi penting.

Pengamat sepak bola Italia, Susy Campanale bahkan menilai Italia era Mancini merupakan tim paling sempurna. "Italia tim paling komplet saat ini. Mereka menyerang, bertahan, dan menghibur," kata Susy dilaporkan Football Italia.

Gelar Euro 2020 makin sempurna bagi mantan pelatih Manchester City ini. Sebab, Italia tak terkalahkan di 34 laga sejak 2018.

Kini pria yang dulu menjadi pujaan pendukung klub Ibu Kota Italia, Lazio itu berhasil membawa pulang trofi Henri Delaunay kembali Kota Roma, tempat di mana Italia pertama kali meraihnya.

Italia pertama kali menjadi juara Eropa terjadi pada tahun 1968. Saat itu, Gli Azzurri tahun mengalahkan Yugoslavia di final yang berlangsung di Stadion Olimpico Roma.

Selamat Gli Azzurri, It's Coming Rome!!

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network